PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TEMA AYO HEMAT LISTRIK UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini didasari dari rendahnya keterampilan kolaborasi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA peserta didik yang belum memaksimalkan aktivitasnya yaitu kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan berdiskusi kelompok karena bergantung pada penjelasan guru saja. Berdasarkan analisis masalah maka dikembangkanlah media permainan ular tangga tema ayo hemat listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan media permainan ular tangga tema ayo hemat listrik untuk memfasilitasi keterampilan kolaborasi siswa SMP. Penelitian ini menerapkan metode Research & Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, yang hanya mencakup tiga tahap, yaitu definisi, desain, dan pengembangan, dalam uji kevalidan. Instrumen yang digunakan untuk menguji kevalidan yaitu lembar angket validasi ahli dan praktisi. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai secara keseluruhan persentase rata-rata dari ahli materi, ahli media, dan praktisi yaitu sebesar 92,92 % dengan kategori “Sangat Valid”. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan ular tangga tema ayo hemat listrik dapat dinyatakan sangat valid untuk memfasilitasi keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas IX, karena sesuai dengan indikator keterampilan kolaborasi, sehingga media dapat diujicobakan lebih lanjut pada tahap disseminate.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.
Ayun, Q. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital dan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 271–290. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.286
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran dasar listrik dan elektronika di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48.
Fajrina, S., Nulhakim, L., & Taufik, A. N. (2021). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VIII pada Tema Makananku Kesehatanku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 105–112.
Hannania, E., Siswono, T. Y. E., & Rahaju, E. B. (2022). Keterampilan pemecahan masalah kolaboratif siswa SMP yang berbeda adversity quotient pada materi segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 471–484.
Indrawan, F. Y., Irawan, E., Sayekti, T., & Muna, I. A. (2021a). Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw Daring Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 259–268.
Kaffah, L. S., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Pemanfaatan Media Cetak Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 482–492.
Kartikaningtyas, D., Yulianti, D., Diah, S., Jurusan, P., Terpadu, I., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Alamat, . (2014). Pengembangan Media Game Ular Tangga Bervisi Sets Tema Energi Pada Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Mengembangkan Karakter Dan Aktivitas Siswa SMP/MTS. Unnes Science Education Journal . http://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/usej
Larasati, M., Fibonacci, A., & Wibowo, T. (2018). Pengembangan modul berbasis problem based learning pada materi polimer kelas XII SMK ma’arif nu 1 sumpiuh. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 32–41.
Mahanal, S. (2014). Peran guru dalam melahirkan generasi emas dengan keterampilan abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1, 1–16.
Ningrum, D. S., & Leonard, L. (2015). Pengembangan desain pembelajaran matematika sekolah dasar kelas 1. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.
Pranowo, T. A., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. (2014). Pengembangan media bimbingan dan konseling melalui komik edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1).
Prasetyorini, H., & Bachri, B. S. (2016). Pengembangan Materi Pada Mata Pelajaran IPA Dalam Platform Course Networking Sebagai Media Pembelajaran Secara Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII SMP. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(1), 50–58.
Septiani, K. S., Noorhidayati, N., & Riefani, M. K. (2020). The validity of Question Wheel" Karunia" learning media in the Archaebacteria and Eubacteria students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 7–13.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117.
Sianipar, B. (2021). Penggunaan LKS Dan Media Permainan Edukatif Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII/4 SMP Negeri 2 Girsang Sipangan Bolon. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 5(1), 58–75.
Susanti, M. D. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Tk. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
Susilo, J., Anitah, S., & Yamtinah, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual dan Interaktif untuk Mensimulasikan Instalasi Jaringan Listrik di SMK 2 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Syukurti, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar (Studi pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Lahat). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 31–37.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for teacher of exceptional Children.
Wahyuning, S. (2022). Literature Review: Media Pembelajaran Digital untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Abad 21 dalam Pembelajaran IPA. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 1–7.
Wulanyani, N. M. S. (2013). Meningkatkan pengetahuan kesehatan melalui permainan ular tangga. Jurnal Psikologi, 40(2), 181–192.
Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2014). Model pembelajaran teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323–330.
Yuni, Y. A., Zulhanan, Z., & Sodikin, S. (2019). Pengembangan Permainan Ular Tangga Bernuansa Islami Untuk Pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 194–203.