PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE DI KELAS IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran IPAS menggunakan TPACK di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ialah guru kelas IV SDN 14/I Sungaui Baung. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentsi. Penelitian menggunakan uji validitas yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika yang terjadi pada pembelajaran IPAS menggunakan TPACK di Kelas IV SD yaitu kurangnya guru dalam menggunakan perangkat keras, hal ini tampak pada saat pembelajaran guru tidak menggunakan teknologi pada materi wujud benda, selanjutnya guru kurang dalam menggunakan perangkat lunak, hal ini tampak dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan media yang diunduh dari aplikasi tiktok. Berdasarkan hasil yang telah didapat, maka disimpulkan problematika pembelajaran IPAS menggunakan TPACK di kelas IV SD yakni kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan perangkat keras, dan guru kurang dalam menggunakan perangkat lunak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ahmadi, Alfian Khuswaidinsyah. 2018. “Pengembangan Adobe Animate CC Sebagai Media Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Media Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Lamongan.” Skripsi: 1–217.
Fatimah, Nur, I Komang Sudarma, and I Made Tegeh. 2016. “Pengembangan Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Berorientasi Model Example Non Example Pada SMPN 5 Mendoyo.” e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha 5(2): 1–11.
Febriani, Meli. 2021. “IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi).” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(1): 61.
Fiteriani, Ida, and Baharudin. 2017. “Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasi Pada Materi IPA Di MIN Bandar Lampung.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasae 4(4): 1–30.
Ismail, Ismail, Anna Permanasari, and Wawan Setiawan. 2016. “Efektivitas Virtual Lab Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Dengan Perbedaan Gender.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2(2): 190
Kemendikbudristek. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C. 2-19
Khuzeir Tarmizi, Ahmad, Haning Hasbiyati, and Miftahul Hakim. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Pada Mata Kuliah Anatomi Dan Fisiologi Manusia Pada Mahasiswa Semester VI Pendidikan Biologi.” Jurnal Bioshell 9(2): 37–40.
Kirani, Lutfiana Dwi. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Terhadap Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 7 Semarang Tahun 2019/2020.” Semarang: 1–16.
Kumalasani, Maharani Putri. 2018. “Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2(1A): 1–11.
Kusumaningrum, Diana. 2018. “Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd.” Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) 1(2): 57–64.
Maryono, Eko Kuntarto, Eka Sastrawati, and Hendra Budiono. 2023. “Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Lingkungan Dan Kebutuhan Belajar Siswa Di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal.” Journal Of Human And Education (JAHE) 3(2): 139–44. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/174.
Nurbaeti, Rizki Umi. 2020. “Pengembangan Modul Praktikum Ipa Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 3(1): 109–16.
Purnama, Sigit. 2016. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab).” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 4(1): 19.
Saputra, Joko, and Silvina Noviyanti. 2022. “Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar.” Multimedia Interaktif Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi 01(1): 11–33.
Suhelayanti, Syamsiah Z, and Ima Rahmawati. 2023. Penerbit Yayasan Kita Menulis Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).
Supiyarto, Supiyarto. 2018. “Media Barungca-5-1 Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar.” : 1–13.
Wulandari, Nais, and Rian Vebrianto. 2017. “Studi Literatur Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Menggunakan Laboratorium Virtual.” Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri 0(0): 709–15. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/3194.