PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DENGAN GOOGLE COLABORATORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Linda Dwi Kusuma Ainurro'sydah
Zainur Rasyid Ridlo
Nur Ahmad


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5439

Abstract


Penelitian ini didasarkan atas adanya permasalahan berupa rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa saat pembelajaran IPA. Metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah menggunakan E-Modul sebagai sarana pembelajaran interaktif. Tujuan pada penelitian ini untuk menjelaskan validitas, kepraktisan, dan keefektifan E-Modul berbasis PBL terintegrasi dengan google colaboratory untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Lokasi penelitian di SMP Negeri 12 Jember. Hasil skor validitas E-Modul berbasis PBL mendapatkan persentase sebesar 88% termasuk kriteria “sangat valid”. Analisis kepraktisan E-Modul mendapatkan persentase sebesar 90% termasuk kriteria “sangat praktis”. Analisis keefektifan E-Modul mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,60 termasuk kriteria “sedang”. Hasil analisis respon siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,69% termasuk kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwasannya E-Modul berbasis PBL terintegrasi dengan google colaboratory dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


E-Modul; Google Colaboratory; Kemampuan Berpikir Kritis; PBL

Article Metrics :

References


Apriyani, E. (2021). Problem Based Learning (PBL Model in Improving Elementary Student Learning. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES):, 4(6), 1103–1109. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v4i6.68716

Apsari, D. Y., & Ismono. (2014). Pengembangan lembar kegiatan siswa berorientasi SETS pada materi pokok zat aditif makanan. Journal of Chemical Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v3n2.p%25p

Arifin, & Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Azkiyah, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan E-mdul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah dasar islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 410–427. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Damayanti, M., Rukayah, & R. Ardiansyah. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA di klas IV sekolah dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 10(5), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ddi.v10i5.69616

Daniati, N., Handayani, D., Yogica, R., & Alberida, H. (2018). Analisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang materi pencemaran lingkungan. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 3(1), 1–10.

Djola, T. A., Abdjul, & Ntobuo, N. E. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pemantulan dan pembiasan Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(1), 1–6.

Eka, I. J., Awanita, I. M., & Irawan, I. K. A. (2020). Pola program berpikir kritis (Critical Thinking) dalam ruang belajar mengajar era abad 21. Jurnal Pasupati, 7(1), 59–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37428/pspt.v7i1.208

Hake, R. R. (1998). Interavtive-engagement versus traditional methods: a sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/https://doi.org/10.1119/1.18809

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen. Journal Biology Education Conference, 16(1), 139–145.

Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kitis siswa matei globalisasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 12–29. https://doi.org/https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29

Kautsari, M., Hairida, Masriani, Rasmawan, R., & Ulfa, M. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis problem based learning pada materi zat adiktif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8116–8130. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3850

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Maemanah, S., Suryaningsih, & Yunita, L. (2019). Kemampuan pemecahan masalah melalui model flipped classroom pada pembelajaran kimia abad ke 21. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i2.4901

Meldrawati, Amri, E., & Rosba, E. (2023). Validitas E-Modul berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA/MA. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 263–269. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7326

Naflah, Y. M. (2014). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Natasya, S. V, & Awangga, M. (2022). Membuat Analisis Komparatif Arima & Prophet pada Peramalan Penjualan. Buku Pedia.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Nia, S. M., Leksono, & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan E-modul pelestarian lingkungan berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikr kritis siswa SMP. Journal of Science Education, 6(2), 415–442. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.415-421

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 69(1). https://doi.org/10.15294/JPE.V6I1.14511

Purnama, A., & Suparman. (2020). Studi pendahuluan: e-lkpd berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 131–140. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169

Rahardhian, A. (2022). “Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat.” Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Rahmayunita, R., & Hidayat, N. (2023). Kurikulum merdeka: tantangan dan implementasinya pada pembelajaran biologi. Biology Education Journal, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/baej.2023.12758

Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). . Pengembangan modul online system belajar terbuka dan jarak jauh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada program studi teknologi pendidikan. Jurnal Visipena, 12(1), 45–66. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476

Rahmi, L. (2018). Perancangan e-modul perakitan dan instalasi personal komputer sebagai media pembelajaran siswa SMK. Jurnal Ta’dib, 21(2), 105–111. https://doi.org/https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1190

Rizky, M., & Andarsyah, R. (2023). Komparasi Performa Model terhadap Klasifikasi Sinyal Mit-Bah Arrhythmia Database. Buku Pedia.

Roudlo, M. (2020). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar melalui model pembelajaran Flipped Clasroom dengan pendekatan STEM. Jurnal Prosnampas, 3(1), 292–297. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.772

Salahuddin, M., & Ramdani, N. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tahapan polya. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.37-58

Sujiono, & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis problem based learning tema gerak untuk meningkatkan kemapuan berpikir kritis siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3), 685–693. https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I3.4287

Ulfa, E. M., Wahyuni, S., & Ridlo, Z. R. (2023). Development of e-module-based PJBL to develop computational thinking skills integrategration with CCR implementation in science education. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 12(2), 176–191. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpps.v12n2.p176-191