PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI SUMBER ENERGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media poster berbantuan aplikasi canva materi sumber energi dikelas IV SDN 155 Karya Mukti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Develovment, dengan model ADDIE. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu guru dan 13 siswa sedangkan objek penelitian ini adalah media poster berbasis aplikasi canva dengan materi sumber energi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media poster berbasis aplikasi canva, dengan analisis kebutuhan siswa pada kategori sangat butuh dengan nilai persentase sebesar 88,96%. Berdasarkan hasil uji kevalidan media poster validator ahli materi memperoleh nilai 75% kategori valid, validator ahli media dengan persentase 85,41% berada pada kategori sangat valid serta validator ahli bahasa dengan persentase 80,55% kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan berdasarkan respon siswa memperoleh persentase 95,06% kategori sangat praktis. Media poster yang dikembangkan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Poster mudah digunakan, sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa serta meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi sehingga media dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 409–413.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRUSUNA, 10(2), 351–370. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842
Habib, M., & Rajagukguk, K. P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Poster Terhadap Prilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 4(1), 1–10.
Juhaeni, Safaruddin, R Nurhayati, & Aulia Nur Tanzila. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11
Nandini, P. E., & Agung, A. A. G. (2022). Pengembangan Media Poster Berbasisi Problem Based Learning pada Muatan IPA Materi Sumber Energi Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 68–73.
Pralisaputri K R, Heribertus, S., & Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154. https://jurnal.uns.ac.id/geoeco/article/view/8930
Pristiwanti, D., Badariah, B., Sholeh, H., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Putri, I. P. (2021). Pengembangan Media Poster Untuk Mengembangkan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1443 H / 2021 M.
Sinaga, S. I., & Eriyani, S. (2023). Pengembangan Poster Edukasi Untuk Menumbuhkan Pengetahuan Tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak Kelompok A Di Tk Negeri Pembina Lahat. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14463.
Sintri, A. S., Rosalina, E., & Fitriyana, N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Discovery Learning Menggunakan Canva. Journal of Elementary School (JOES), 6(2), 323–335. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.6608 PENGEMBANGAN
Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional, 1, 732–742.
Vidigdo Trianto, Endang Sri Mujiwati, B. A. M. (2022). Pengembangan Media Poster untuk Materi Sumber dan Bentuk Energi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Al-Irsyad, 4, 1559. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Wahyuni, R., & Napitupulu, S. (2022). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(4), 333–349. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1545#
Wulandari, P. N., Farika, N., Afni, L. N., Sumakha, Z. A., & Maryani, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Pada Materi Tekanan Hidrostatis. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 338–347. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4235
Yani Qodarsih, F., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan KomunikasiSiswa Kelas Iv Dengan Model Pembelajaran Talking StickBerbantu Media Poster. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(1), 413–425. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal