PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI DI SMAN 2 JEMBER MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN E-LKPD
Abstract
Penelitian ini membahas tentang optimalisasi model PBL berbantuan Lembar Kerjaa Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas XI 5 di SMAN 2 Jember. Penelitian ini dimotivasi oleh kekurangan aktivitas siswa dan hasil pembelajaran fisika, serta implementasi kurikulum merdeka berbasis PBL yang belum optimal. Dengan menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Jember pada tahun akademik 2023/2024. Hasil penelitian menjelaskan adanya peningkatan aktivitas keterlibatan siswa dan hasil belajar fisika yang signifikan melalui penerapan PBL berbantuan E-LKPD. Pada siklus pertama, aktivitas belajar siswa mencapai 76,97%, meningkat menjadi 85,19% pada siklus kedua yang dikategorikan sangat aktif. Secara bersamaan, hasil belajar siswa juga meningkat, dengan nilai rerata naik dari 81,48 pada posttest siklus pertama menjadi 93,89 pada posttest siklus kedua. Sebagai kesimpulan, penelitian ini mengonfirmasi bahwa penerapan model PBL dengan E-LKPD efektif meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran fisika.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abriani, A., & Nursalam. (2016). Peningkatan pemahaman konsep mata pelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran evidence based learning dalam pelaksanaan guided inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 40–43. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Agustinaningsih, W. (2023). Melangitkan bahan ajar, membumikan media fisika. Penerbit Deepublish Digital. https://www.google.co.id/books/edition/Melangitkan_Bahan_Ajar_Membumikan_Media/KVzPEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+pemahaman+konsep+fisika&pg=PA70&printsec=frontcover
Basuki, A., & Ramadhan, R. A. (2023). Journal of Economics Education and Entrepreneurship Development of E-LKPD through a Problem-Based Learning Approach for Improving Student Learning Motivation at SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Journal of Economics Education and Entrepreneiurship, 4(1), 8–19. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jee.v4i1.7835
Daun, N. S., Helmi, & Haris, A. (2020). Diagnosis kesulitan belajar fisika peserta didik di SMA Negeri 1 Bontomarannu. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 37–40. http://ojs.unm.ac.id/semnasfisika
Kusuma, I. K. N., Astuti, N. P. E., Numertayasa, I. W., & Widayani, N. M. (2023). Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Action Research, 7(2), 192–200.
Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-BOOK INTERAKTIF. JKTP, 1(1), 71–76.
Nuraini, Fitriani, & Fadhilah, R. (2018). hubungan antara aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran kimia kelas X sma negeri 5 pontianakn. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 30–39.
Satriawan, M., Rosmiati, R., Widia, W., Sarnia, F., Suswati, L., Subhan, M., & Fatimah, F. (2020). Physics learning based contextual problems to enhance students ’ creative thinking skills in fluid topic. International Conference on Mathematics and Science Education 2019 (ICMScE 2019), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022036