PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBANTUAN MEDIA NEARPOD UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Anis Widayanti
Zainur Rasyid Ridlo
Nur Ahmad


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5351

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa untuk berpikir kreatif yang menjadi salah satu kemampuan penting pada pembelajaran era ini dan masih  tergolong rendah.. Kemampuan berpikir kreatif dapat diasah melalui pemberian soal-soal yang mengarah ke berpikir kreatif siswa. Dengan itu, tujuan dari penelitian ini untuk menentukan validitas, kepraktisan dan efektivitas  instrumen penilaian yang dibantu media nearpod dalam mengevaluasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Model Borg and Gall menjadi rujukan jenis penelitian ini. Hasil dari validitas ahli memperoleh rerata 84% dengan kategori layak, validitas empiris dengan 20 soal yang di uji dalam kategori valid. Uji reliabilitas memperoleh skor 0,752 dengan kategori reliabel tinggi dan pada uji tingkat kesukaran soal terdiri dari lima mudah dan 15 sedang.  Uji kepraktisan mendapat rata-rata sebesar 94%  dengan kategori sangat praktis. Pada uji efektivitas mendapat persentase 81% dengan kategori baik dan hasil rekapitulasi kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 62% yang tergolong kreatif. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbantuan media nearpod untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dengan hasil valid, praktis dan efektif digunakan.


Keywords


berpikir kreatif; instrumen penilaian; Nearpod

Article Metrics :

References


Arini, W. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38. https://doi.org/10.31539/ spej.v1i1.41

Arthana, I. K. dan Dwi. 2005. Evaluasi Media Pembelajaran. Surabaya: Teknologi Pendidikan UNESA.

Azizah, Z. N., & Budijastuti, W. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Literasi Sains pada Submateri Sistem Peredaran Darah Manusia. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 89–97. https://doi.org/ 10.26740/bioedu.v11n1.p89-97

Candra, R. A., Prasetya, A. T., & Hartati, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penarapan Blended Project-Based Learning. Perspektif Ilmu Pendidikan, 13(2), 2437–2446. https://www. google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/download/6666/4909/&ved=2ahUKEwjHr9-W6Iri Ah XFgeYKHZolBawQFjACegQIBRAB&usg=AOvVaw0NKehPpgnsIr_syA3N9Itv&cshid=1557280285653

Fajriah, N., & E. Asiskawati. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2). https://doi.org/10.1016/B978-0-323-46294-5.00028-5

Faresta, R. A., Anggara, W., Mandiri, T. A., & Septiawan, A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Berbasis Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2). https://doi.org/10.29303/ goescienceedu.v1i2.55

Fatirul,A.N &A.R. As'ari. 2022. Wiser Habits dalam Pembelajaran (Meningkatkan Kemampuan 4Cs). Tangerang : Pascal Books.

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418. https:// doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127

Faradillah, A., W. Hadi dan S. Soro. 2020. Evaluasi Prses dan Hasil Belajar (EPHB) Matematika dengan Diskusi dan Simulasi (DiSi). Jakarta : Uham Press.

Hairun, Yahya. 2020. Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Harso, O. A., & Seku, A. Y. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPK Inemete Nangapanda. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(9), 7589–7594.

Karira, N. F., Sunarti, T., R.J, M. N., & Setyasih, W. (2023). Validitas instrumen tes berbasis literasi sains untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi energi terbarukan. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(2), 118–125.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/ jbpd.v2i1a.2345

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214. https://ejournal. stitpn.ac.id/index.php/bintang

Maghfiroh, R., Wahyuni, S., & Ridlo, Z. R. (2023). The Development of Critical Thinking Skills Assessment Instrument Based on Nearpod in Junior High School Science Learning. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 11(3), 706. https ://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.7876

Maliga, I. 2013. Pengembangan dan Analisis Soal Larutan Penyangga Berdasarkan Open Ended Problem untuk Mengukur Kemampuan berpikir Kreatif Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Nugroho, A. N., & Airlanda, G. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 400. https://doi.org/10.23887/ jippg.v3i3.29712

Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 80–90.

Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidi kan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386

Pradana, F. A. P., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Fondatia, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1090

Qomariyah, N. D., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250

Rachman, M. 2015. 5 Pendekatan Penelitian. Edisi pertama. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Syaifudin, S. 2020. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Cross-border. 3(2): 106-118.

Ulfa, M., & Kuswanti, N. (2020). Development of Assessment Instrument Based on Higher Order Thinking Skills of Respiratory System of Grade XI of Senior High School. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 1–11. https://doi.org/ 10.26740/bioedu.v10n1.p1-11

Yamtinah, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, & I Wayan Lasmawan. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/ jurnal_pendas.v5i1.262

Yolanda, S. B., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 189. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3780

Yulaikah, I., Rahayu, S., & Parlan, P. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.7(6).