PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SIFAT KOLIGATIF LARUTAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis praktikum terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sifat koligatif larutan. Penelitian ini dilakukan di SMAK Frateran Ndao dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 28 peserta didik kelas eksperimen dan 26 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes hasil belajar sebanyak 30 butir soal yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis menggunakan uji-t dengan SPSS mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,00. Nilai sig (2-tailed) yang lebih rendah dari 0,05 dapat diartikan bahwa hipotesis diterima, dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara metode discovery learning berbasis praktikum dengan hasil belajar peserta didik pada materi Sifat Koligatif Larutan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ahmad Fauzi Syahputra Yani, & Oktaviani, C. (2022). Praktikum Kimia SMA Kelas XI pada Materi Asam Basa Sesuai Model Discovery dan Project Based Learning. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia Dan Pendidikan Kimia, 5(1), 17–24. https://doi.org/ 10.33059/katalis.v5i1.5367
Azhara, F., Dahlan, D., & Tewa, Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Mening katkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Pokok Asam Basa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 loghia. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 5(3), 117. https://doi.org/10.36709/jpkim.v5i3.12516
Basri, H., Mursalin, Jahja, M., Payu, C. S., Setiawan, D. G. E., & Yunginger, R. (2022). Jambura Physics Journal PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BOLIYOHUTO PADA KONSEP FLUIDA STATIS. Jambura Physics Journal, 4(2), 113–123. https:// doi.org/10.34312/jpj.v4i2/13177
Demo, D., Waworuntu, F., & Saiya, A. (2019). Studi Kelayakan LKS Praktikum Berbasis Pendekatan Saintifik Serta Dampaknya pada Hasil Belajar Materi Sifat Larutan Penyangga Scientific approach. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(2), 77–84.
Ekaputra, F. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Praktikum Dengan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dan Kreativitas Mahasiswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 238–242. http://journal.ummat.ac.id/ index.php/paedagoria
Ernawati, M. D. W., Muhammad, D., Asrial, A., & Muhaimin, M. (2019). Identifying creative thinking skills in subject matter bio-chemistry. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 581–589.https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20257
Etiubon Ufonabasi, R., & Udoh Michael, N. (2017). Effects of Practical Activities and Manual on Science Students’ Academic Performance on Solubility in Uruan Local Education Authority of Akwa Ibom State. Journal of Education and Practice, 8(3), 202–209.https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1131863.pdf
Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 39–45. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Fathurrahmah, F., Arjudin, A., & Dewi, N. K. (2022). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 1 Mamben Baru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2448–2452. https:// doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.989
Hasanah, M., Betta Rudibyani, R., & Tania, L. (2018). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi Pada Materi Larutan Penyangga (Vol. 7, Issue 1).
LUKITASARI, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Sifat Larutan Garam Melalui Penerapan Discovery Learning Pada Siswa Kelas Xi Mipa-3. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 134–140. https://doi.org/10.51878/ paedagogy.v1i2.803
Lumolos, G. H., Gumolung, D., Caroles, J., Belajar, H., Basa, A., & Terbimbing, I. (2019). Studi Kelayakan Penuntun Praktikum Asam Basa Berbasis Bahan Lingkungan Menggunakan Model 3-D dan Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tenga. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(2), 40–47.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (DISCO VERY LEARNING) (Vol. 4, Issue 1).
Nanangkong, I., Rumampuk, R., & Tani, D. (2019). Penerapan Penuntun Praktikum Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(2), 85–88.
Noormaliana, N. (2023). Penerapan Pembelajaran Model Discovery Learning sebagai Inovasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Studi Inovasi, 3(1). https://doi.org/10.52000/jsi.v3i1.124
Nuraeni. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 JATIBARANG MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN LKPD PADA MATERI REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA. Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(4), 415–421.
Purba, J., & Siregar, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Di SMA Negeri 2 Lintongnihuta Pada Materi Asam Dan Basa. JURNAL INOVASI PEMBE LAJARAN KIMIA, 2(2), 110–115.
Rahmadani, G., Stmik, K., & Binjai, I. (2022). Determining Talent Based on Student Skills Using Fuzzy Logic. In International Journal Of Health, Engineering And Technology (v.1, i3).https://ijhet.com/index.php/ ijhess/
Saputri, P. I., Yunus, S. R., Mardiana, & Hasan, N. R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman Konsel Peserta Didik Kelas VIII di UPT SPF SMP Negeri 13 Makasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 88–94.
Siagian, G. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Arthropoda di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5802–5809. https:// doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1498
Simangunsong, A. D. B., & Pane, E. P. (2021). Pengembangan Modul Kimia Dasar Berbasis Discovery Learning pada Materi Stoikiometri. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4415–4425. https://doi.org/10.31004/ edukatif.v3i6.1472
Sufiyanto, M. I., & Hefni, M. (2021). Analisis penggunaan praktikum sederhana untuk meningkatkan keterampilan proses sains Di SDN Durbuk III pamekasan tahun pelajaran 2019/2020. Eduproxima, 3(1), 1–17.
Tandi, Y., Gugule, S., & Anom, I. D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Di SMA Negeri 1 Tondano. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(2), 41. https://doi.org/10.37033/ ojce. v2i2.168
Tiak, L., Tani, D., & Caroles, J. D. S. (2019). Penerapan metode praktikum berbasis bahan alam dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. In Oxygenius Journ. Of Chem. Edu (Vol. 1, Issue 1).
Umami, M. R., Eka, & Hasinah. (2023). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI SMAN 2 MATARAM History Article. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 125–135. http://asimilasi.journalilmiah.org.
Wiwit Tahulending, A., Rumampuk, R., & Aloanis, A. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Bahan Alam dengan Menggunakan Model ADDIE. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(2), 61–65.