PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Rd. Muhammad Deza Pratama
Eka Sastrawati
Hendra Budiono Hendra Budiono


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5336

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan laboratorium virtual menggunakan  Adobe Animate pada materi perpindahan kalor di kelas V sekolah dasar serta menilai tingkat kelayakan laboratorium virtual menggunakan  Adobe Animate pada materi perpindahan kalor di kelas V sekolah dasar. Waktu dan lokasi penelitian ini di SDN 208/IV Kota Jambi pada Januari 2024. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini yakni model pengembangan DDD-E (Decide, Design Development, and Evaluate). Produk yang dihasilkan melalui pengembangan ini divalidasi oleh tim ahli dalam bidang bahasa, materi, media, serta diuji coba pada kelompok kecil dan besar dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pengisian angket. Hasil penelitian diperoleh berupa produk laboratorium virtual materi perpindahan kalor yang dirancang menggunakan Adobe Animate. Adapun hasil skor rata-rata yang diperoleh dari validasi akhir ahli bahasa ialah 4,18 dengan kategori layak, ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 4,18 dengan kategori layak, ahli media memperoleh hasil skor rata-rata sebesar 4,83 dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil skor rata-rata penilaian guru sebesar 4,8 dengan kategori sangat praktis. Hasil respon siswa kelas V SDN 208/IV Kota Jambi yakni sebesar 4,54 dikategorikan sangat praktis.  Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa laboratorium virtual menggunakan Adobe Animate di kelas sekolah dasar sudah layak digunakan.


Keywords


laboratorium virtual; adobe animate; perpindahan kalor

Article Metrics :

References


Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka

Chan, F., & Budiono, H. (2019). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 166-175.

Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 03(01), 9-17.

Diwakar, S., Kumar, D., H., S., Nizar, N., Achuthan, K., Nedungad, P ., ... Nair, B. (2016). Complementing education via virtual labs: implementation and deployment of remote laboratories and usage analysis in Sout Indian villages. Interanational Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), Vol. 12(3)

Fatimah, N., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Berorientasi Model Example Non Example Pada SMPN 5 Mendoyo. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11.

Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 140–148.

Tarmizi, A.K., Hasbiyati, H., & Hakim, M. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory pada Mata Kuliah Anatomi dan fisiologi Manusia pada Mahasiswa Semester VI Pendidikan Biologi, Jurnal Bioshell, 9(2), 37-40

Urbafani, S., & Rozie, F. (2022). Analisis Materi Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Bangkalan terhadap Pembelajaran IPA SD Kelas V Kurikulum 2013.

Widi.A. & Sulisyowati.E. ( 2015), Metodoliogi Pembelajaran Ip, Jakarta: Bumi Aksara

Wulandari Naisdan Vebrianto Rian, 2017. Studi Literatur Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Menggunakan Laboratorium Virtual. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri, 2579-5406.