FASILITASI PROSES PEMBELAJARAN SISWA SMA PADA MATERI VIRUS MELALUI KOMBINASI MODEL PjBL DAN METODE GALLERY WALK

Karina Agustin Makdalena
Rida Oktorida Khastini
Mila Ermila Hendriyani
Dewi Murni


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5303

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan metode gallery walk untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMAN 1 Ciruas pada materi virus. Pemahaman konsep siswa diukur menggunakan soal tes pilihan ganda. Keterampilan berpikir kreatif siswa diukur menggunakan lembar observasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu randomized control-group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan metode gallery walk untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Ciruas pada materi virus.


Keywords


project based learning; gallery walk; pemahaman konsep; berpikir kreatif; virus

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Adinugraha, F. (2017). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Ecopreneurship. Jurnal Formatif, 7(3), 219-233.

Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsing, E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192-2200.

Amanda, T., Fajri, S.R., & Hajiriah, T.L. (2022). Evaluasi Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Materi Pengetahuan Lingkungan. Jurnal PEDAGO Biologi, 10(1), 272-284.

Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aseptianova, Nawawi, S., & Pesisa, L. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 4 Palembang. Bioilmi, 5(1), 59-65.x

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294-302.

Bangun, D., & Manik,Y.M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Perbaungan. Equilibrium, 7(2), 125-136.

Budiman, H. (2019). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31.

Campbell, N.A., Reece, J.B., & Mitchell, L.G. (2002). Biologi Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Dengo, F. (2018). Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 40-52.

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. Journal Of Elementary Education, 2(6), 235-239.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 72-78.

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119-130.

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 3(1), 121-127.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.

Fitriani, U., Karyadi, B., & Ansori, I. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 83-92.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 10(1), 209-226.

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1-18.

Imamuddin, M., Isnaniah, Aulia, A., Zulmuqim, & Nurdin, S. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 16-31.

Irfana, N., Iswari, R.S., & Martin, F.P. (2017). Pengembangan Komik Digital “Let’s Learn About Virus” Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA. Journal Of Biology Education, 6(3), 258-264.

Kusuma, A.D., & Dwiastuti, S. (2018). Pengaruh Problem Posing dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampaun Berpikir Kreatif Siswa. Proseeding Biology Education Conference, 15(1), 296-301.

Kirnantoro, H & Maryana, N. (2018). Anatomi Fisiologi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Lailiya, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X Di MA Syarifuddin Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri.

Lukitasari, M. (2018). Mengenal Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Deskripsi, Klasifikasi, Potensi Dan Cara Mempelajarinya. Solo: CV. AE Media Grafika.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Megawati, F. (2016). Gallery Walk: A Fascinating Technique for Publishing Texts.http://eprints.umsida.ac.id/251/1/FIKA%20MEGAWATI%20PROCEEDING%20VIETNAM.pdf. 8 hlm. 24 Desember 2021, pk 23.39.

Nasution, H., Batubara, M.S., & Darwis, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di SMA Negeri Sipirok. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 30-38.

Nomleni, F.T., & Manu, T.S.N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual Dan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230.

Novebrini, S., Asrizal, Mufit, F. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 7(1), 111-115.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Porject Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath, 3(2), 110-117.

Nuryati. (2019). Kreativitas Guru Dalam Menciptakan Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD UNTIRTA, 293-304. http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/

Parwati, N.N., Suryawan, P.P., & Apsari, R.A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Depok.

Prasetyo, F. (2019). Pentingnya Model Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Di IPS. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Majalengka. Hal 818-822.

Prastiwi, V. D., Parno, & Wisodo, H. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep dan Penalaran Ilmiah Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Momentum: Physics Education Journal, 2(2), 56-63.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Rakhmayanti, R., Hindriana, A.F., & Handayani. (2018). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Gegesik. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 10(20), 19-24.

Rohman, A., Ishafit, & Husna, H. (2021). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terintegrasi STEAM Terhadap Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal pendidikan fisika tadulako, 9(1), 15-21.

Saridewi, M.P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Mind Map & Kooperatif Tipe TGT Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 69-78.

Setyaningrum, P. M. P., Ramli, M., & Rinanto, Y. (2018). Profil Pemahaman Konsep Siswa SMA Tentang Virus. Yogyakarta: UNY Press.

Setyawan, P. (2019). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Plantae Untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA Kelas X. BioEdu: Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 260-269.

Sopian, H. (2019). Deskripsi Kemampuan Berpikir Logis dan Pemahaman Konsep Sistem Hormon pada Siswa Kelas XI SMA. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 7(2), 85-88.

Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Implementasi. PT Raja Grafindo Persada: Depok.

Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Trivedi, P.C., Pandey, S. & Bhadauria, S. (2010). Text Book of Microbiology. Jaipur: Aavishkar Publishers.

Tsani, U.L., Marianti, A., & Utami, N.R. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Metode Gallery Walk Pada Pembelajaran Materi Sel Di SMA. Unnes Journal of Biology Education, 5(1), 31-37.

Vasmin, M.E., Syafriati, Y.M., Sada, M., & Nurfadilah. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Biologi Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 1(2), 14-23.

Yani, I. dan Kusmana, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk Dan Media Kokami Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 10 Bogor. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 30-33.

Yulianti, E. (2017). Analisis Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Biologi Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung. Lampung: FKIP Universitas Islam Negeri Raden Intan.