PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LMS PADA TEMA BUMIKU TERCEMAR UNTUK KELAS VII SMPN 1 SEPATAN TIMUR

Adi Maulana
Sjaifuddin Sjaifuddin
Lukman Nulhakim


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5293

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis learning management system pada tema bumiku tercemar kelas VII SMPN 1 Sepatan Timur. Pengembangan media pembelajaran berbasis LMS pada tema bumiku tercemar yang semua pengguna terintegrasi dari admin, guru dan siswa. Penelitian merupakan jenis penilitian pengembangan atau yang dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D), Desain penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gal l(1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi Desain, (5) revisi Desain. Karena terbatasan waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan seluruh tahap penelitian hanya sampai tahap ke-5. Berdasarkan hasil perolehan validasi ahli media 90% yang dikategorikan sangat valid, hasil perolehan validasi ahli materi 80,8% yang dikategorkan valid, hasil perolehan validasi guru 83,3% dikategorikan sangat valid. Hal ini membuktikan bahwa produk pengembangan media pembelajaran berbasis LMS pada tema bumiku tercemar pada kelas VII dapat digunakan sebagai media pembelajaran


Keywords


learning management system; tema bumiku tercemar

Article Metrics :

References


Abdullah, R. (2016) ―Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran,‖ Lantanida Journal, 4(1), hal. 35–49. doi: 10.22373/lj.v4i1.1866.

Agustina, M. 2013. Pemanfaatan E-learningsebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Alariqi, A. A., Najafi, M., Abdulrab, M., Murray, C., & Slimanzai, H. 2019. Factors affecting e-learningeffectiveness in a higher learning institution in Afghanistan. ACM International Conference Proceeding Series, 176–181.

Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis e-learning di era digital. Proceedings Samasta, 1(2), 56–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7145

BSNP. (2014). Buletin BSNP : Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.

Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 17 Hamzah, A. A., Syarief, A., & Mustikadara, I. S. (2013). Analisis Kualitatif Tampilan Visual Pada Situs E-Learning. ITB Journal of Visual Art and Design, 5(2), 176–194. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2013.5.2.62–181.

Fahmi, M., & Saleh, D. R. (2017). Kesesuaian aspek kebahasaan BSE bahasa Indonesia SMP terhadap standar isi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(2), 79-86.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.

Islamil Darimi. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol.1 No.2, 113.

Kemendikbud (2020) Surat Edaran Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri Di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347

Magdalena, I., Andriyanto, A., & Refaldi, R. R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whatsapp sebagai Solusi di Tengah Penyebaran Covid-19 di SDN Gembong 1. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i2.998

Maharani, Y. S. 2015. Efektifitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, Vol.3, No., h. 32

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pardamean, B., & Suparyanto, T. 2014. “A Systematic Approach To Improving ELearning Implementations In High Schools”. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13 (3).

Patmi, S, R. A., & Sina, I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(4), 337– 346. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i1.4623

Prastowo, Andi 2011. Paduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva press

Putri F R & Setiawan Y (2018). Peningkatan Kemampuan Storytelling Melalui Kolaborasi Digital Learning dan Model Guided Inquiry Learning . Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol.3No.1

Rahmatullah, M. F., Pasani, C. F. dan Yulinda, R. (2021) ―Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Bermuatan Karakter Toleransi Untuk Siswa SMP Pada Materi Pewarisan Sifat,‖ Jurnal Pahlawan, 17(02), hal. 1–10

Sanova, A. 2018. Aplikasi Learning Management System (LMS) pada Pengembangan Modul Elektronik Materi Atmosfer Bumi Menggunakan 3D Pageflip Professional. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), h. 1–13.

Setyoningsih. (2015). E Learning : Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Elementary, 3(1), 39–58.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.

Syukur, M., & Emidar, E. (2020). Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 245-252