PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SMP
Abstract
Pembelajaran IPA saat ini harus mencerminkan pembelajaran abad 21 dimana salah satu keteramilan dasar yang harus dimiliki adalah komunikasi. Bentuk komunikasi yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA di SMP adalah argumentasi ilmiah yang memuat 4 indikator yaitu claim, data, reasoning, dan rebuttal. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan media pembelajaran yang mendukung peningkatan argumentasi ilmiah, salah satunya yaitu E-LKPD berbasis socio-scientific issue yang mendorong siswa untuk saling berpendapat dan menunjukkan sejauh mana pemahaman konsep ilmiah yang mereka kuasai terkait materi yang didasarkan pasa isu-isu sosial kontroversial. Jenis penelitian ini adalah reaserch & development yang menerapkan model ADDIE dengan tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifam media pembelajaran E-LKPD berbasis socio-scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD memiliki persentase validitas sebesar 86,45%, dengan kategori sangat valid. Persentase kepraktisan E-LKPD sebesar 84,95%, menunjukkan kategori sangat praktis. Penilaian efektivitas E-LKPD dengan nilai n-gain sebesar 6,1 menempatkannya dalam kategori sedang. Analisis respon siswa menghasilkan persentase sebesar 82,24%, yang diklasifikasikan sebagai kategori sangat baik. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian ini layak untuk dijadikan salah satu media pembelajaran IPA guna meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Adikalan, T. ., Supeno, & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan inkuiri siswa SMP dalam pembelajaran IPA memanfaatkan media E-LKPD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 39–45.
Ambarawati, D. S. H. E., Muslim, & Hernani. (2021). Analisis kemampuan argumentasi siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 13–17.
Apsari, D. Y., & Ismono. (2014). Pengembangan lembar kegiatan siswa berorientasi SETS pada materi pokok zat aditif makanan. Journal of Chemical Education, 3(2), 1–6.
Atabey, N., & Mustofa, M. S. (2017). The development of a socioscientific issues based curriculum unit for middle school students: global warming issue. International Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 5(3), 154–170.
Avianti, E. E., Supeno, & Ridho, Z. R. (2023). Pengembangan media E-LKPS untuk meningkatkan argumentation skills siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. ScienceEdu Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 124–131.
Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim. (2015). Penerapan model argumentodriven inquiry dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 32–37.
Hake, R. R. (1998). Interavtive-engagement versus traditional methods: a sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hidayah, T. L., Supeno, & Nuha, U. (2022). Pengaruh model inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMP. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 239–250.
Imaniar, B. O., Supeno, & Lesmono, A. D. (2020). Argumentation of senior high school students on physics instruction based inquiry. Compton, 7(1), 35–47.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.
Noer, H. A., Setiono, S., & Pauzi, R. Y. (2020). Profil Kemampuan Argumentasi Siswa Smp Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 138–144.
Pangestika, I. W., Ramli, M., & Nurmiyati. (2017). The changing of oral argumentation process of grade XI students through socratic dialogue. International Journal of Science and Applied Science, 2(1), 198–208.
Pitorini, D. E., Suciati, S., & Ariyanto, J. (2020). Kemampuan argumentasi siswa: perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri terbimbing dipadu dialog socrates. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 20–38.
Putriana, A. R., Suryawati, E., Suzanti, F., & Zulfarina. (2020). Socio Scientific Issue (SSI) based LKPD development in learning natural science SMP class VII. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 80–89.
Rahmadhani, K., Priyayi, D. F., & Satrodihardjo, S. (2020). Kajian profil indikator kemampuan argumentasi ilmiah pada materi zat aditif dan zat adiktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 1–9.
Siska, Yunita, W. T., & Ubaidillah, M. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis Socio Scientific Issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 43–48.
Viyanti, V., Cari, C., Sunarno, W., & Prasetyo, Z. K. (2016). Pemberdayaan keterampilan argumentasi mendorong pemahaman konsep siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 43–48.
Wati, M., Maulidia, I., Irnawati, & Supeno. (2019). Keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMPN 2 Jember dalam pembelajaran IPA dengan model problem based learning pada materi kalor dan perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275–780.