PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir siswa pada materi Pesawat Sederhana. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Mootilango. Kemampuan peserta didik diukur menggunakan Indikator Taksonomi SOLO. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, eksprerimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar tes. Hasil penelitian yang didapatkan Kemampuan Berpikir peserta didik setelah diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Pesawat Sederhana menyatakan: Kemampuan berpikir peserta didik pada level Unistruktural dengan persentase 58,75%, termasuk dalam kriteria baik. Kemampuan berpikir peserta didik pada level Multistruktural dengan persentase 40%, termasuk dalam kriteria cukup baik. Kemampuan berpikir peserta didik di level Relasional dengan persentase 1,25%, termasuk dalam kriteria kurang. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan kemampuan berpikir peserta didik sebagian besar masih berada pada tingkat rendah, kemudian diikuti peserta didik yang berkemampuan sedang, peserta didik yang berkemampuan tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Budimansyah, 2012. Dimensi – dimensi Praktik Pendidikan Karakter. Bandung, Widya Aksara
Davidi E. I. Noviyanti dan Berjamai Govan Star, 2020. Kajian faktor – faktor penghambar keterampilan berpikir siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal literasi Pendidikan. Santu Paulus Ruteng, Flores. 1(1). ISSN 2721-0295
Dharma, dkk. 2022. Faktor penyebab dan alternatif solusi rendahnya kemampuan berpikir pada siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Universitas Triatma Mulya Indonesia. Volume 5 Nomor 3. ISSN 2621-5713
Hartanti, Djudin, Mursyid, 2021. Analisis Tingkat Berpikir Kritis dalam menyelesaikan Gerak Parabola menggunakan Taksonomi Structure of The Observed Learning Outcomes (SOLO) siswa kelas X MIA SMAN 1 Sungai Raya. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika. Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak. 2(1), ISSN 2746-3796
Herliani, 2016. Penggunaan taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa pada Mata Pelajaran Biolgi SMA. Universitas Mulawarman. 13(1) (232-236) ISSN : 2528-5742
Helmon Arnoldus, 2018. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1)
Kristin Firosalia dan Utama K. Hardiana. 2020. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir IPA di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah. 4(4) (899 – 898) ISSN 2580-1147
Latjompoh Masra, 2018. Validitas Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan proses sains untuk melatih kemampuan berpikir dan Menanamkan karakter bagi siswa SMA kota Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional VI Hayati. (470 – 477)
Rosid Muhammad, 2019. Analisis Kemampuan Berpikir kritis siswa Pada Pembelajaran Reaksi redoks dan elektrokimia menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Jurnal Pendidikan Fisika, 8(4) (303-308). Banyuwangi
Setiawan Dewa G. Eka, Supartin, Hidjrawaty Tantu, dkk. 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Daring terhadap hasil belajar siswa. Educatio: Jurnal Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Gorontalo. 17(1) (12-20)
Sitompul Nova, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4(1). ISSN 2620-8067
Susanto, 2013. Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Umardiyah F dan Nasrulloh Farid. 2021. Pemberian SCAFFOLDING berdasarkan pelevelan taksonomi SOLO siswa kategori Unistruktural dalam menyelesaikan soal jarak dimensi tiga. EDU-MAT Jurnal Pendidkan Matematika. Jombang, Indonesia. 9(1). (24 – 47) ISSN 2597-9051
Widyawati, dkk. 2018. Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah lingkaran berdasarkan Taksonomi SOLO pada kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. STKIP PGRI Tulungagung. 6(1)