PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBANTUAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI ZAT ADITIF MAKANAN

Ingka M. Djafar
Nova Elysia Ntobuo
Citron S. Payu
Muhammad Yusuf


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5277

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media kartu kuartet berbantuan etnosains. Jenis penelitian ini ialah penelitian  R&D dengan memakai model ADDIE. Subjek penelitian ini  masing-masing berjumlah 22 dan 19 siswa kelas VIII-3 dan VIII-4. Hasil penelitian  menunjukkan skor validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,36 dengan kriteria valid, dan validasi media mencapai rata-rata 3,79 dengan kriteria sangat valid, yang dapat digunakan pada tahap selanjutnya. Kepraktisan media dapat dilihat dari a) hasil pelaksanaan pembelajaran pertemuan pertama dan kedua dinilai ‘’baik’’pada  kelas VIII-3 sebesar 88,89%, sedangkan pada kelas VIII-4 masing-masing memperoleh nilai 83,33 dan 88,89. b) respon peserta didik kelas VIII-3 dan VIII-4 mencapai standar sangat baik dengan memperoleh nilai rata-rata masing-masing 89,70 dan 89,17. Nilai keefektifan diperoleh dari kinerja: a) aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 dan 2 kelas VIII-3 mencapai skor rata-rata 83,78% dan 88,21% sedangkan pada kelas VIII-4 mencapai skor rata-rata 84,20% dan 87,01%, dan b) tes pemahaman konsep kelas VIII-3 mempunyai rata-rata skor pre-test 32,32%, post-test 90,18%, serta diperoleh skor n-gain 0,86; pada kelas VIII-4 mencapai rata-rata skor pre-test sebesar 37,16%, skor post-test sebesar 89,05%, dan skor n-gain  kategori tinggi sebesar 0,83. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa media kartu kuartet berbantuan etnosains untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP pada materi zat aditif makanan sudah layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.


Keywords


kartu kuartet; etnosains; pemahaman konsep

Article Metrics :

References


Ahmadi., Yoga., Astuti, Budi dan Linuwih, Suharto. 2019. Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global Untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. Unnes Physics Education Journal, 8 (1): 53-59

Andayani, Yayuk., dkk. 2020. Identifikasi Pemahaman Guru Tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Dengan Pendekatan Etnosains. Jurnal PEPADU, 1 (2): 229-234

Asra, Azmi dan Akmal, Atika Ulya. 2021. Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnosains di SMP Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Rokania, VI (1): 9-22

Aufa, Nurul., Zubainur, Cut Morina dan Munzir, Said. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (11): 2377-2394

Damopolii, Vemsi., Bito, Nursiya dan Resmawan. 2019. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME), 1 (2): 74-85

Firdaus, Zahronia dan Istianah, Farida. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Ciri-Ciri Khusus Hewan Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JPGSD, 11 (4): 847-857

Ismail, Ilyas., Taufiq, Ainul Uyuni., dan Hasanah, Ummul. 2020. Pengembangan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Journal of Islamic Education, 2 (2): 236-246

Istikholah, Roshayanti, Fenny dan Priyanto, Wawan. 2019. Pengaruh Kartu Kuartet Dalam Model Pembelajaran Stand Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal of Education Technology, 3 (4): 253-255

Ningsih, Deni Sulistiowati. 2019. Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi di Kelas Vb SDN 61/X Talang Babat.Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4 (1): 22-40

Prasetyaningtyas, Susi. 2020. Penerapan Metode Permainan Kartu Kwartet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP N 1 Semin. Jurnal Ide Guru, 5 (1): 100-108

Puspasari, Afrin., dkk. 2019. Implementasi Etnosains Dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Science Education Journal (SEJ), 3 (1): 25-31

Radiusman. 2020. Studi Literasi: Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6 (1): 1-8

Saputri, Yunita., Syaflin, Sylvia Lara dan Junaidi, Ilham Arvan. 2022. Pengembangan Media Kartu Kuartet Bagian Tubuh Manusia “BATU” Muatan IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (2): 315-324

Sejati, Widodo Setio., Purba, Harja Santana dan Mahardika, Andi Ichsan. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP Dengan Metode Demonstrasi. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1 (2): 37-48

Setiawan, Usep., dkk. 2022. Media Pembelajaran (Cara Belajar Aktif: Guru Bahagia Mengajar Siswa Senang Belajar). Bandung: Widina Bhakti Persada

Setyawan, Puguh. 2019. Pengembangan Media Flashcard Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Plantae Untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA Kelas X. BioEdu, 8 (2): 260-269

Siwale, Absalom., Singh, Indra Sen dan Hayumbu, Patrick. 2020. Impact of Ethnocemistry on Learners Achievement and Attitude towards Experimental Techniques. International Journal of Reseacrh and Innovation in Sosial Science (URISS), 4 (6): 534-542

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p.394). Bandung: Alfabeta

Sulistyowati., Reffiane., Fine dan Handayani, Diana Endah. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Etnosains Tema Ekosistem Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6 (2): 120-132

Walidiati, Miftahul., Tahir, Muhammad dan Rahmatih, Aisa Nikmah. 2023. Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research (JCAR), 5 (4): 321-330