ANALISIS PENILAIAN SURVEI KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Susilawati Susilawati
Rian Vebrianto
Mery Berlian
Fitri Cahaya Ningsih
Muhammad Fitriyadi Muhammad Fitriyadi


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5257

Abstract


Kemampuan literasi sains siswa merupakan hal yang mendasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tantangan dalam era globalisasi  dan perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan kemampuan literasi sains siswa, mengkur tingkat kefektifan instrument ini terhadap literasi sains, Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei, dengan jumlah responden siswa SMPN sebanyak 15 laki-laki  dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner online, dengan analisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20 dan Uji Two-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh nilai tingkat kemampuan literasi sains peserta didik dengan rata-rata berkategori tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 3,53. Kesimpulan dari penelitian ini secara menyeluruh menggambarkan bahwa dimensi kemampuan literasi sains berkualitas dan diterapkan secara baik dalam lingkup penelitian ini. Ini terbukti dari nilai rata-rata yang tinggi pada setiap aspek.


Keywords


literasi sains; analisis survey; keanekaragaman hayati

Article Metrics :

References


Achamd, A. dan. (2016). Implementasi Strategi Peer Assisted Learning (PAL) untuk Meningkatkan Literasi Anatomi Mahasiswa Calon Guru Biologi Peer Assisted Learning (PAL) Strategy Implementation to Improve Anatomic Literacy of Prospective Student’s Biology Teachers. Jurnal.Uns.Ac.Id, 13(1), 554–563.

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697–709. https:// doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709

Agroteknologi, P. S. (2010). KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA Suatu Tinjauan : Masalah dan Pemecahannya Sutoyo. 10, 101–106.

Alti, R. P., & Yogica, R. (2021). Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains Tentang Materi Keanekaragaman Hayati. 4(1), 53–58.

Aprilia, N., Irawati, H., Asri, G. A., Suharno, S., Wulandari, I., & Sula, S. (2023). Analisis Buku Ajar Biologi Sma Kelas X Berdasarkan Aspek Literasi Lingkungan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 14(1), 130. https://doi.org/ 10.24127/ bioedukasi.v14i1.7867

Ardiansyah, A. A. I., Irwandi, D., & Murniati, D. (2016). Analisis Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Hukum Dasar Kimia di Jakarta Selatan. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 1(2), 149–161.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Sura karta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keaneka ragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Jllurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28.

H. Durasa, A.A.I.R. Sudiatmika, & I.W. Subagia. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 51–36. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.930

Hariapsari, K. W., Astriani, D., & Suliyanah. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Suhu dan Perubahannya. E-Journal Unesa, 1–5.

Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2019). ANALISIS PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP/MTs DI KABUPATEN PATI. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601

Lestari, I. D. (2017). Pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 103–106.

Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/ alacrity.v1i2.23

Malang, U. N. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN MENGENAI MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. 61–65.

Mandasari, A., L, M. N., & Nursal, N. (2021). Pengembangan Media Komik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Kelas X Sma. Biogenesis, 17(2), 94. https://doi.org/ 10.31258/biogenesis.17.2.94-100

Mayasari, T., & Paidi, P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Yogyakarta Mata Pelajaran Biologi Ditinjau Dari Kefavoritan Sekolah. Jurnal Edukasi Biologi, 8(2), 86–97. https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.18212

Much, S., & An Nuril, M. F. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA PELAJARAN IPA SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 188–192.

Nadawiah, R., Kumala, F. N., & Ladamay, I. (2020). Analisis Literasi Sains di Sekolah Dasar Bakalan Krajan 1 dan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 8(2012), 40–51.

Nadhifatuzzahro, D., Setiawan, B. S., & Sudibyo, E. (2015). Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Sumobito Melalui Pembuatan Jamu Tradisional. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 6(5), 21–27. http://fmipa.um.ac.id/wp-content/ uploads/Prosiding2015/Media/Fisika2015_01-Media-Dalin-Navidai.pdf

Nasution, N. A., Har, E., Muhar, N., & Sari, R. T. (2022). Analisis kemampuan literasi sains siswa kelas vii smp. Bio-Pedagogi, 10(2), 88. https://doi.org/ 10.20961/bio-pedagogi.v10i2.55901

Negeri, S. M. P., & Pulau, U. (2022). Analisis kompetensi literasi sains fisika siswa kelas IX SMP negeri unggulan 4 pulau moratai. 20(2), 231–244.

Nisa, A., Sudarmin, & Samini. (2020). Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3), 1049–1056.

Nugraheni, N. C., & Paidi, D. (2018). Kemampuan Literasi Sains Kelas X Sma Negeri Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Topografi Wilayah Gunungkidul. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6, 261–271.

Nurdin, N. (2020). Urgensi Literasi Sains Dalam Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara PAI BDK Aceh Di Era Millenial. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 55–63. https://doi. org/10.24815/jpsi.v7i1.12476

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5585

Nurpratiwi, A., Hamdu, G., & Sianturi, R. (2023). Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (RADEC). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5956–5962. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2670

Okada, A. (2021). SCIENTIFIC LITERACY IN THE DIGITAL AGE: TOOLS, ENVIRONMENTS AND RESOURCES FOR CO-INQUIRY. European Scientific Journal, 4, 263–274.

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.

Primiani, C. N., Pujiati, P., Darmadi, D., Sudarmiani, S., & Sanusi, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Herbarium Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar Di Desa Pajaran Kabupaten Madiun. Jurnal SOLMA, 11(3), 451–461. https:// doi.org/10.22236/solma.v11i3.10520

Qodriyah, L., Anekawati, A., & Aziza, L. F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Smpberdasarkan Letak Wilayah Kota Dan Desa Di Kabupaten Sumenep. Prosiding Webinar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2021 Dengan Tema "Pandemi Sebagai Momentum Menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, 2018, 8–15.

Rahmadani, F., Setiadi, D., Yamin, M., & Kusmiyati, K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Biologi Peserta Didik SMA Kelas X di SMAN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2726–2731. https: //doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1059

Rahmasiwi, A., Susilo, H., & Suwono, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Diskusi Kelas menggunakan Isu Sosiosains terhadap Literasi Sains Mahasiswa Baru pada Kemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penilitian Dan Pengembangan, 3(8), 980–989. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Rum1, M., 2, M. A. M., Khaeruddin3, & Mutahharah Hasyim4*. (2023). SURVEI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA DIMENSI SIKAP TERHADAP PISA atau Programme for International Student Assessment adalah suatu studi Survei Literasi Sains Peserta Didik Pada Dimensi …. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 11(2), 235–245.

Sania, K., Yogica, R., Ristiono, R., & Selaras, G. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati. Biodik, 8(1), 109–119. https: //doi.org/10.22437/bio.v8i1.17011

Sasdayang, A. T. M. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMAN 5 Kendari Berdasarkan Instrumen NOSLiT ( Nature Of Science Literacy Test ) Analysis of Scientific literacy skills of SMAN 5 Kendari Students Based On NOSLiT ( Nature of Science Literacy Test ) Instrumen. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(4), 249. https: //doi.org/10.36709/jipfi.v7i4.29245

Siswanto, J., Sumarno, & Prasetiyo. (2022). Studi Kemampuan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP N 2 Pulosari. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Snhp) Lppm Universitas Pgri Semarang, 3, 269–276.

Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10215

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.

Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Syazali, M., Putra, G. P., Pendidikan, P., Sekolah, G., & Sains, L. (2023). Pengembangan Asesmen Literasi Sains Berbasis PISA untuk Siswa Sekolah Dasar. 5(2), 240–250. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.1213

Syofyan, H., & Trisia Lusiana Amir. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Calon Guru Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43. https://doi.org/ 10.21009/jpd.v10i2.13203

Warningsih, S., Santoso, H., & Lepiyanto, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Literasi Sains dengan Terintegrasi Nilai-nilai Islam pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Biodiversitas Indonesia, 35–41.

Winata, Anggun dan Cacik sri, I. S. R. W. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS MAHASISWA PADA KONSEP IPA. Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01, September 2016, 01(01).

Yuyu Yuliati. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 53(9), 1689–1699.

Zulanwari, Z. A., Ramdani, A., & Bahri, S. (2023). Research Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Terhadap Soal-Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri. Journal of Classroom Action (JCAR), 5, 210–216.