PENGEMBANGAN BIOMAGAZINE KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X

Sirli Amrina
Hifni Septina Carolina


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5242

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelejaran, melakukan analisis kelayakan, dan melakukan analisis tentang tanggapan guru dan siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan. Ini memiliki lima tahapan: Analyze (menganalisis), Design (mendesain), Develop (mengembangkan), Implement (mengimplementasikan), dan Evaluate. Subjek uji produk ialah peserta didik kelas X MA Sabilul Muttaqien. Hasil dari penelitian diantaranya: 1) dikembangkan dengan aplikasi canva dan menggunakan model pengembangan ADDIE; 2) rata-rata skor persentase validasi ahli materi dan ahli media Biomagazine dengan hasil validasi ahli materi 92% dan validasi ahli media 70% yang berarti ada pada kriteria sangat layak; 3) uji coba respon guru dan peserta didik rata-rata mendapatkan skor presentase dengan uji coba respon guru mendapatkan skor sebesar 55% dan skor uji coba respon peserta didik mendapatkan 57% yang berarti ada pada kriterian layak untuk membuktikan bahwa Biomagazine Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal dapat meningkatkan motivasi peserta didik; 4) uji keefektifan membuktikan bahwa Biomagazine keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


media pembelajaran; biomagazine; keanekaragaman hayati; potensi lokal; motivasi

Article Metrics :

References


Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Sains Dan Teknoogi, 139–157.

Amari, R. O. (2023). Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Contextual Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas Xi Sman 2 Sungai Tarab. Skripsi, 31–41.

Anggi, A. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip Pdf Proressional Pada Materi Fungi Kelas X SMA. SKRIPSI, 3(2), 6.

Apriana.Dila. (2023). Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI. Skripsi, 3(2), 170.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143. https://jurnal.unigal.ac.id/moderat/article/view/3319/2914

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Hadzami, H. H., Nurdiansih, I. W., & Sari, I. J. (2023). Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Digital Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(1), 72–78. https://doi.org/10.24815/jbe. v15i1. 31060

Handika, R., Syafii, W., & Mahadi, I. (2022). Pengembangan Majalah Elektronik Biologi Berbasis Multimedia Pada Materi Plantae Kelas X Sma/Ma. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 198–205. https://doi.org/ 10.31849/bl.v9i2.11430

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50

Islamiah, N. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis keterampilan berpikir kritis sebagai bahan ajar mata pelajaran biologi skripsi. Skripsi Biologi, 4(1), 4.

Janna, N. (2020). Pengembangan E-modul Keanekaragaman Tumbuhan Mangrove Di Kecamatan Sungai Apit Sebagai Bahan Pengayaan Materi Keanekaragaman Hayati dan Upaya …. Skripsi, 137. https://repository.uir.ac.id/ 10825/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/10825/1/166510284.pdf

Mawarni, I. (2018). Pengembangan Media Komik Kimia Pada Materi Teori Perkembangan Atom Di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Pendidikan Kimia, 1–73.

N.Lukman. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Biomagz Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Nurul Islam Jember. Skripsi, April.

Noviola, C. (2020). Keanekaragaman Hayati Buah Lokal Di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau Sebagai Modul Bahan Ajar Biologi Kelas X Sma Skripsi. Skripsi: Universitas Islam Riau.

Patiola, R., & Fajri, H. (2023). Pengembangan E-Magazine Etnobotani Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Kelas X SMA. J u r n a l B i o e d u c a t i o N , 10(2), 49–60.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.

Purwanti, S. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Ujungbatu. Tesis, 1–182.

Putri Weldami, T., Yogica, R., Studi Pendidikan Biologi, P., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., Negeri Padang, U., Hamka, J., & Tawar Barat, A. (2023). Model ADDIE Branch Dalam Pengembangan E-Learning Biologi. Journal on Education, 06(01), 7543–7551.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Setiadi, G., & Nurma Yuwita. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia Menggunakan Model Addie Bagi Mahasiswa Iai Sunan Kalijogo Malang. Akademika : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 200–217. https://doi.org/10.51339/ akademika.v2i2.207

Sirih, M., Arifin, K., Rabiatul, D., & Moana Idris, I. (2023). Pengembangan E-Biomagazine Filum Arthropoda Di Hutan Pendidikan Tatangge Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. 8(1), 68–76. http:// dx.doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.14

Siti, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/ g.couns .v3i1.89

Sutoyo. (2019). KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA Suatu Tinjauan : Masalah dan Pemecahannya. 10, 101–106.

Tohiri, A., Arief, Z. A., & Fatonah, U. (2022). Analisa Kebutuhan Media Di Sekolah Dasar. 88–92.

Yusuf Sukman, J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Pada Materi Geometri Kelas Xi Mia Sma Negeri 3 Takalar. Skripsi, 4, 9–15.