PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Kurniahtunnisa Kurniahtunnisa - [ https://orcid.org/0000-0002-1692-4860 ]
Zusje Wiesje Merry Warouw
Musma Rukmana


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5224

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek esensial dalam pembelajaran IPA, yang menjadi fondasi bagi siswa untuk mengambil keputusan dan memecahkan permasalahan kontekstual. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada topik sistem pernapasan. Metode yang diterapkan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Hasil validasi oleh dua validator mengindikasikan bahwa instrumen tes sangat valid pada aspek kesesuain materi, konstruksi, dan penggunaan bahasa pada soal, dengan rata-rata skor sebesar 86,67. Analisis empiris melalui Anates 4.0 menghasilkan 29 soal valid dan 13 tidak valid. Terdapat 11 soal memiliki daya beda baik, 20 cukup, dan 11 jelek. Kesulitan soal bervariasi; 9 mudah, 18 sedang, dan 15 sukar hingga sangat sukar.  Uji reliabilitas diperoleh nilai  0,70 yang berarti instrumen reliabel. Berdasarkan validitas isi dan empiris, 25 soal dari 42 soal yang dikembangkan dapat digunakan dan efektif mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, dengan hasil rata-rata menunjukkan siswa berada pada kategori cukup kritis.


Keywords


instrumen soal; kemampuan berpikir kritis; validitas empiris; validitas isi

Article Metrics :

References


Addy, T. M., LePrevost, C., & Stevenson, M. (2014). Thinking Critically in Undergraduate Biology: Flipping the Classroom and Problem-Based Learning. Double Helix: A Journal of Critical Thinking and Writing, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37514/dbh-j.20 1 4.2.1.09

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Asviangga, A. B., Sunardi, & Trapsilasiwi, D. (2018). Analisis Kemampuan 4C’s Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi. Kadikma, 9(1), 17–23.

Azizi, M., Sedaghat, Z., & Direkvand-Moghadam, A. (2018). Effect of Critical Thinking Education on Problem Solving Skills and Self-Esteem in Iranian Female Students. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 12(1), VC04-VC07. https:// doi.org/10.7860/JCDR/2018/27993.11128

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical Thinking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160–166.

Ennis, R. H. (2016). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. https://doi.org/ 10.1007/s11245-016-9401-4

Facione, P. A., & Facione, N. C. (2007). Talking Critical Thinking. Change: The Magazine of Higher Learning, 39(2), 38–45. https://doi.org/10.3200/ chng.39.2.38-45

Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and reliability in quantitative studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66–67. https://doi.org/10.1136/eb-2015-102129

Huber, C. R., & Kuncel, N. R. (2016). Does College Teach Critical Thinking? A Meta-Analysis. Review of Educational Research, 86(2), 431–468. https://doi. org/10.3102/0034654315605917

Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian: Konsep dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), 266–273. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6004

Mirra, N., Morrell, E., & Filipiak, D. (2018). From Digital Consumption to Digital Invention: Toward a New Critical Theory and Practice of Multiliteracies. Theory into Practice, 57(1), 12–19. https://doi.org/10.1080/ 00405841.2017.1390336

National Research Council. (2012). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. The National Academies Press.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Nuswowati, M., Binadja, A., Soeprodjo, & Ifada, K. E. N. (2010). Pengaruh Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573.

Paul, R., & Elder, L. (2006). Critical Thinking: The Nature of Critical and Creative Thought, Part II. Journal of Developmental Education, 30(3), 36–37. https://georgefox.idm.oclc.org/ login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=aph&AN=25122573&scope=site

Pedrosa-de-Jesus, H., Moreira, A., Lopes, B., & Watts, M. (2014). So much more than just a list: Exploring the nature of critical questioning in undergraduate sciences. Research in Science and Technological Education, 32(2), 115–134. https://doi.org/10.1080/ 02635 143.2014.902811

Salsabila, P. A., & Trimulyono, G. (2023). Pengembangan instrumen HOTS materi virus untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. BioEdu, 12(2), 287–297. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Santos, L. F. (2017). The Role of Critical Thinking in Science Education. Journal of Education and Practice, 8(20), 159–173.