PENGARUH MEDIA VIRTUAL REALITY BERBANTUAN SOFTWARE MILLEALAB PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Andining Dewi Sekar Langit
Pramudya Dwi Aristya Putra
Zainur Rasyid Ridlo


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5129

Abstract


Virtual reality adalah teknologi yang menggunakan perangkat elektronik canggih untuk menciptakan lingkungan yang terlihat nyata, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan tersebut. Virtual reality dapat memunculkan gambar-gambar 3D yang dibuat komputer dan dibantu dengan sejumlah peralatan tertentu agar penggunaannya seakan terlibat langsung secara fisik dalam lingkungan tersebut. Media virtual reality dikembangkan oleh software MilleaLab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media media virtual reality berbantuan software Millealab pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Metode yang  digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonquivalent (pretest dan posttest) control group design. Kegiatan penelitian menggunakan dua kelas, media virtual reality berbantuan software MilleaLab diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol pembelajaran tidak menggunakan media virtual reality berbantuan software MilleaLab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media virtual reality berbantuan software MilleaLab terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Dengan demikian, media ini dianggap efektif sebagai media pembelajaran IPA siswa SMP, sebagaimana terlihat dari rata-rata nilai post test kelas eksperimam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol

Keywords


media virtual reality; berpikir kreatif

Article Metrics :

References


Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Virtual Reality Terhadap Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. In Edutcehnologia, 2(2), 36-37

Agusti, A. I. (2020). Millealab Media Pembelajaran Fisika Berbasis Virtual Reality Untuk Mengajarkan Topik Pemanasan Global. Seminar Nasional Fisika, 108

Arini, R. E. (2023). Merangkul Teknologi: Mengintegrasikan Realitas Virtual Dalam Pengalaman Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan West Science, 1(6), 354.

Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. Jktp: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091.

Elmqaddem, N. (2019). Augmented Reality And Virtual Reality In Education. Myth Or Reality? International Journal Of Emerging Technologies In Learning, 14(3), 235–236. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289

Fitria, N., Asshaumi, R. ula, Putri, Y. D. A., Herman, N. B., Handayani, R. D., & Putra, P. D. A. (2023). Analisis Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 169.

Fitriya, Y., Satiantoro, A. F. R. N., Sari, N., & Pratama Muhammad Dimas. (2022). Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Virtual Reality Sebagai Inovasi Teknologi Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 239.

Fitriyanti, M., Maasawet, E. T., & Boleng, D. T. (2021). Analisis Permasalahan Guru Terkait Media Pembelajaran Biologi Berbasis Aplikasi Mobile Learning Menggunakan Teknik Mnemonik Verbal. Jurnal Pendidikan, 9(2), 68.

Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 44–58. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3).

Juliastari, J., Artayasa, I. P., & Merta, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 337–338. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.444

Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Penerapan Metode Mind Map Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1): 36. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive

Mardhiyah, R. H., Fajriah, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 31–35.

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 244–245. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Rizal, A. S. (2022). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 12–14. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1880. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068

Siregar, H. (2020). Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 22. https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.27

Sudiarno, A., & Maulana, G. (2020). Evaluasi Media Edukasi Berbasis Virtual Reality: Studi Kasus Virtual Building and Learning SMP Negeri 3 Purwokerto. Jurnal Teknik ITS, 9(2), 198.

Suyidno, Nur, M., Yuanita, L., Kurnia Prahani, B., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness Of Creative Responsibility Based Teaching (Crbt) Model On Basic Physics Learning To Increase Student’s Scientific Creativity And Responsibility. Journal Of Baltic Science Education, 17(1), 137.

Tyaningsih, R. Y., Wulandari, N. P., Junaidi, Hamdani, D., & Putranto, S. (2020). The Effect of Group Mentoring Learning on Student’s Creativity in Solving Partial Differential Equations Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1),1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012040

Wahyuni, S., Pramudya, D. A. P., & Hidayati, A. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 10(3), 492. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i3.24244

Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108–110.https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.10866

Yolanda, S. B., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 189–198. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3780

Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1),251–262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.35

Zulherman, Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application For Elementary School. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 755-760. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.29429