PENGARUH MEDIA VIRTUAL REALITY BERBANTUAN SOFTWARE MILLEALAB PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Virtual Reality Terhadap Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. In Edutcehnologia, 2(2), 36-37
Agusti, A. I. (2020). Millealab Media Pembelajaran Fisika Berbasis Virtual Reality Untuk Mengajarkan Topik Pemanasan Global. Seminar Nasional Fisika, 108
Arini, R. E. (2023). Merangkul Teknologi: Mengintegrasikan Realitas Virtual Dalam Pengalaman Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan West Science, 1(6), 354.
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. Jktp: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091.
Elmqaddem, N. (2019). Augmented Reality And Virtual Reality In Education. Myth Or Reality? International Journal Of Emerging Technologies In Learning, 14(3), 235–236. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289
Fitria, N., Asshaumi, R. ula, Putri, Y. D. A., Herman, N. B., Handayani, R. D., & Putra, P. D. A. (2023). Analisis Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 169.
Fitriya, Y., Satiantoro, A. F. R. N., Sari, N., & Pratama Muhammad Dimas. (2022). Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Virtual Reality Sebagai Inovasi Teknologi Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 239.
Fitriyanti, M., Maasawet, E. T., & Boleng, D. T. (2021). Analisis Permasalahan Guru Terkait Media Pembelajaran Biologi Berbasis Aplikasi Mobile Learning Menggunakan Teknik Mnemonik Verbal. Jurnal Pendidikan, 9(2), 68.
Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 44–58. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424
Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3).
Juliastari, J., Artayasa, I. P., & Merta, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 337–338. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.444
Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Penerapan Metode Mind Map Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1): 36. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive
Mardhiyah, R. H., Fajriah, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 31–35.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 244–245. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Rizal, A. S. (2022). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 12–14. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1880. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Siregar, H. (2020). Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 22. https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.27
Sudiarno, A., & Maulana, G. (2020). Evaluasi Media Edukasi Berbasis Virtual Reality: Studi Kasus Virtual Building and Learning SMP Negeri 3 Purwokerto. Jurnal Teknik ITS, 9(2), 198.
Suyidno, Nur, M., Yuanita, L., Kurnia Prahani, B., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness Of Creative Responsibility Based Teaching (Crbt) Model On Basic Physics Learning To Increase Student’s Scientific Creativity And Responsibility. Journal Of Baltic Science Education, 17(1), 137.
Tyaningsih, R. Y., Wulandari, N. P., Junaidi, Hamdani, D., & Putranto, S. (2020). The Effect of Group Mentoring Learning on Student’s Creativity in Solving Partial Differential Equations Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1),1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012040
Wahyuni, S., Pramudya, D. A. P., & Hidayati, A. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 10(3), 492. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i3.24244
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108–110.https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.10866
Yolanda, S. B., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 189–198. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3780
Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1),251–262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.35
Zulherman, Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application For Elementary School. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 755-760. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.29429