PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES BAGI SISWA SMP N 1 KOTAGAJAH

Erni Mariana
Kusuma Wardany
Ayang Kinasih
M. Khoirudin


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5114

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi beberapa aspek, yaitu: 1) Menganalisis perbedaan dampak antara penerapan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Usaha. 2) Mengidentifikasi perbedaan dampak antara tingkat keadaan awal siswa yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap pemahaman konsep pada materi Usaha. 3) Mengevaluasi apakah ada interaksi dampak antara pendekatan ketrampilan proses dan tingkat keadaan awal siswa terhadap pemahaman konsep pada materi Usaha. Metode penelitian ini melibatkan pemberian perlakuan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen pada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol menerima perlakuan pendekatan ketrampilan proses melalui metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ketrampilan proses melalui metode eksperimen memberikan dampak positif pada ketrampilan proses sains siswa kelas VII A dan VII B di SMP N 1 Kotagajah. Rata-rata nilai siswa yang menjalani pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen mencapai 18,50, melebihi rata-rata siswa yang menggunakan metode demonstrasi sebesar 16,06. Temuan ini menandakan bahwa pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen lebih efektif dalam mempengaruhi ketrampilan proses sains siswa kelas VII dibandingkan dengan metode demonstrasi. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotagajah. Oleh karena itu, disarankan agar siswa diberikan latihan yang lebih intensif untuk mengembangkan keterampilan proses sains selama pembelajaran.


Keywords


Pembelajaran IPA; keterampilan proses; pendekatan

Article Metrics :

References


Alam, Y. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 282. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.338

Ilmi, N., Desnita, D., Handoko, E., & Zelda, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Sma. V, SNF2016-RND-57-SNF2016-RND-62. https://doi.org/10.21009/0305010213

Keil, C., Haney, J., & Zoffel, J. (2009). Improvements in Student Achievement and Science Process Skills Using Environmental Health Science Problem-Based Learning Curricula. Electronic Journal of Science Education, 13(1).

Laksana, D. N. L. (2016). MISKONSEPSI DALAM MATERI IPA SEKOLAH DASAR. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588

Lesmono, A. D., Supeno, & Riani, T. (2012). Penerapan pendekatan keterampilan proses sains dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 119–124.

Markawi, N. (2015). Pengaruh Keterampilan Proses Sains, Penalaran, dan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 11–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.109

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Muhtar, E. (2022). Pengaruh Pendekatan Ketrampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Getaran Dan Gelombang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Halmahera Selatan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 3(1).

NINGSIH, N., & SUARDANA, M. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN SETTING SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1).

Pilon, J. K. (2015). Characterization of the Physical and Hydraulic Properties of Peat Impacted by a Temporary Access Road. Teaching and Teacher Education, 12(1).

Rini, C. P. (2017). PENGARUH PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.450

Riskawati, Ali, M., & Kamaluddin. (2021). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(1), 80–85.

Supiyati, H., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Guided Inquiry Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 2(1), 59–67. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5566

Zurida Ismail, & Ismail Jusoh. (2001). Relationship Between Science Process Skills and Logical Thinking Abilities of Malaysian Students. … Science and Mathematics Education in …, XXIV(2).