PENGEMBANGAN e-LKPD INTERAKTIF BERBASIS SETS TEMA GLOBAL WARMING UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP
Abstract
Rendahnya tingkat motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA akibat tidak tepatnya pemilihan metode pembelajaran serta keterbatasan bahan ajar yang mampu mendesak keikutsertaan peserta didik secara aktif saat pelajaran IPA menjadi landasan penelitian ini. Sehingga, dilakukan penelitian dan pengembangan e-LKPD interaktif berbasis SETS tema global warming untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik SMP. Cakupan tujuan penelitian ialah mengetahui tingkat kevalidan dan respon peserta didik terhadap e-LKPD interaktif berbasis SETS tema global warming. Research and Development (R&D) digunakan sebagai metode dalam penelitian ini dengan model 4-D karya Thiagarajan yang terbatas sampai tahap development. Penelitian terlaksana pada semester ganjil TA 2022/2023 di 3 SMP kawasan Kabupaten Tangerang dengan sampel 30 peserta didik kelas VII. Penggunaan instrumen meliputi lembar angket validasi untuk ahli materi, bahan ajar, praktisi serta uji respon peserta didik. Produk e-LKPD interaktif berbasis SETS berada di kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 92,64% dan respon peserta didik terhadap produk e-LKPD interaktif berbasis SETS berada di kategori “sangat baik” dengan persentase sebesar 95,56%, sehingga sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA guna menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Asmuri, dkk. (2018). Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Berbasis SETS Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Makanan dan Kesehatan Tubuh. Jember : https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7375
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran. Aceh : 10.22373/lj.v5i2.2838
Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 10374 https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.
Khasanah,N. (2015). SETS (Science, Environtment, Technology and Society ) Sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern Pada Kurikulum 2013. Semarang : 170173-ID-sets-science-environmental-technology-an.pdf (neliti.com)
Komalaningsih, E., dkk. (2023). Analisis Pembelajaran Model Webbed Terhadap Keterampilan Menulis Peserta didik Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jakarta : https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/414
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (1st ed.). Bandung :Bumi Aksara
Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer.Me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41382
Monica, I., dkk. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Bengkulu :https://doi.org/10.33369/alo.v7i1.28231
Mulyati, S., dkk.(2018).Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bermuatan Kebhinekaan Pancasila untuk Mereduksi Radikalisme Peserta didik SMP. Cakrawala, Jurnal Pendidikan, 2018, 12 (2) : 213-227
Permatasari, R. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Guna Dharma Bandar Lampung. Lampung : http://repository.radenintan.ac.id/4108/1/Skripsi%20Full.pdf
Sohilait, Emy. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Penerbit Cakra.
Srikawati, N.K.A dan I Made. 2022. Lembar Kerja Elektronik Berbasis Project Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPA. Bali : tidak diterbitkan
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I. (1974). Instructional Developmentment for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota : Leadership Training Institute/Social Education, University of Minnesota
Triwinda, Satinem & Satria, T.G. (2021). Worksheet On The Theme Of Environment Our Best Friend’s Grade Fifth Elementary School Of Sukadana. DOI: https://doi.org/10.21107/Widyagogik/v8i2. 8993. STIKIP Lubuklinggau.
Widiasworo, E. (2015). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ar-Ruzz Media.
Zahro, L.H. (2019). Skripsi. Upaya Menumbuhkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaram SETS (Science, Environment, Technology and Society) dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI MA Miftahul Ulum Weding 2019/2020.Semarang : tidak diterbitkan.