PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN KARAKTER MO HUYULA PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan berupa modul bermuatan karakter Mo Huyula pada materi Usaha dan Pesawat Sederhana. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan di uji cobakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kabila dengan melibatkan 20 peserta didik menggunakan uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi modul bermuatan karakter Mo Huyula memperoleh nilai rata-rata 3,72% dengan kriteria valid atau layak; (2) Kepraktisan modul bermuatan karakter Mo Huyula diperoleh melalui keterlaksanaan pembelajaran selama 4 kali pertemuan dengan nilai rata-rata 88,10% dengan kategori sangat baik dan angket respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 88,75% atau kategori sangat baik; (3) Keefektifan modul bermuatan karakter Mo Huyula diperoleh dari aktivitas peserta didik selama 4 kali pertemuan dengan nilai rata-rata 85,78% dan hasil belajar kognitif memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,80 dengan kategori tinggi sedangkan hasil belajar afektif memperoleh nilai rata-rata 85% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa modul bermuatan karakter Mo Huyula pada materi usaha dan pesawat sederhana telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdjul, T & Ntobuo, N,E. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 7(3).
Anwar, M. F. N., Widodo, W., Rozana, K. M., & Yani, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai Karakter Di Kelas II Tema 1 Subtema 2 SDN Dadaprejo 01 Kota Batu. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 247-255.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Aulia W, Wati M. & Misbah. (2021). Penerapan Modul Getaran Gelombang dan Bunyi Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. Vol. 2 (2).
Budiarso, A. S. (2017). Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing untuk Mneingkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Edukasi, 4(2).
Fitry, S.V, & Yefterson, B,R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Sejarah Bermuatan Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Kronologi. Vol. 3 (4).
Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, W. I. (2018). Pengembangan modul IPA materi hubungan makhluk hidup dan lingkungannya berbasis pendekatan kontekstual. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics. Indiana University 24245 Hatteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA In (Division D): 1-4.
Hasani, N. L., Hartini, S., & Annur, S. (2019). Meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter kayuh baimbai melalui modul fisika bermuatan kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 65-76.
Hidayat. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Kemp, J.E., Morrison G.R., & Ross, S. (1994). Designing effective instruction. New York: Mac Millan College Publ. Co.
Mudyharjo, Radja. (2006). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Putri, M. R., Suryajaya, S., & Sholahuddin, A. (2023). Pengembangan e-modul IPA topik getaran, gelombang dan bunyi berbasis etnosains untuk meningkatkan karakter kayuh baimbai. Journal of Banua Science Education, 3(2), 85-97.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Rhilmanidar, R., Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas modul pembelajaran berbantuan software geogebra pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142-155.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif: penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Siregar, N. C., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The effect of a discovery learning module on geometry for improving students’ mathematical reasoning skills, communication and selfconfidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. 19(3), 214-228.
Sukardi. (2013). Metedologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sukardi. (2017). Metedologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta, Bumi Aksara.
Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.
Yayasan 23 Januari 1942. (1982). Perjuangan Rakyat di Daerah Gorontalo, Menentang Kolonialisme dan Mempertahankan Negara Proklamasi. Jakarta: Gobel Dharma Nusantara.
Yunus, R. (2013). Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14 (1).
Zendrato, E. D. K., Harefa, A. R., & Lase, N. K. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 446-455.