PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPA

Iis Rahayu Timbola - [ https://orcid.org/0009-0009-7650-9341 ]
Mursalin Mursalin
Nova Elysia Ntobuo
Masri Kudrat Umar
Muhammad Yusuf
Citron Supu Payu


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5024

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa video animasi berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran IPA. Kemudian dilakukan uji validasi untuk mengetahui kelayakan dan kualitas video animasi berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengemabangan, penerapan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi atau pengamatan, dan kuesioner (angket). Hasil uji validasi memperoleh rata-rata 3.62 diinterprestasikan kedalam kategori valid atau layak. Responden peserta didik terhadap video animasi berbasis kearifan lokal memperoleh hasil presentase sebesar 81% dengan kategori baik. Serta pencapaian presentase pada aktivitas peserta didik sebesar 88% dengan kategori baik. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis, efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah.


Keywords


Pengembangan; video animasi; kearifan lokal

Article Metrics :

References


A.M., Sudirman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Amir Zubaidah, MZ. 2010. The Implementation Of Mathematics Teaching With Open- Ended Approach To UIN Suska RIAU Mathematics Student Ability Of Mathematical Creative Thingking. Proceedings Of The International Seminar On Mathematics And Its Usage In Other Areas: 170

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Bungsu, Titin Kurnia dkk. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas, Jurnal On Education, Vol 01, No. 02. 2020

Elizar, E., & Tanjung, H. 2018. Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 1 (1), 46-58

Faris, Ahmad dan Ade Fitra Lestari. 2016. Rancangan Animasi Pembelajaran Interaktif Alfabet Pada Pendidikan Anak Usia Dini. E-journal Teknik Komputer AMIK BSI. (Volume II No 1 Tahun 2016)

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal pendidikan Unisa : Vol 3 No. 1 hal 34-44. Universitas Singaperbangsa Karawang.

G.P.P., Hapsari, & Z., Zulherman. 2021. Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394

Hadi, S. 2017. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96-102.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.

Ismawati, S., & Mustika, D. (2021). Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 291-297.

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21-28.

Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara. Hal. 30

Lestari, Indah. 2012. Pengaruh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Formatif : Vol 3 No 2 Halaman 115-125 Univ Indraprasta PGRI

Maharani, A.A.P., dan Widhiasih, L.K.S. 2016. Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru Saat Pelajaran Bahasa Inggris Di Sd Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 5 (2) : 88-92

Mr Apriyansyah. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil

Muhammad, M. 2017. Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97

Muin, Abdul & Ulfah, RM. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Moodle.Phytagoras : Vol 07 No.1 Hal 73-82 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.