PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII

Trian Azizi - [ https://orcid.org/0009-0008-9234-7058 ]
Kurnia Ningsih
Hayatul Fajri


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5000

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan dan menguji e-Modul sebagai media pembelajaran interaktif berbasis android dari sisi kelayakannya. Media pembelajaran ini digunakan dalam pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak mengenai topik klasifikasi makhluk hidup. Desain penelitian ini menerapkan Research and Develompment (pengembangan) dengan tahap ADDIE berupa analysis, design, dan development. Validator media ditetapkan sebanyak 5 orang dari guru dan dosen. Untuk menilai kelayakan e-Modul Interaktif digunakan instrumen yaitu angket validasi media yang dinilai oleh validator. Penilaian kelayakan media berfokus pada empat aspek yang terdiri dari aspek format, isi, bahasa dan kepraktisan media e-Modul interaktif. Hasil uji validitas Aiken’s V pada aspek format sebesar 0,90 (valid), aspek isi sebesar 0,91 (valid), aspek bahasa 0,93 (valid), dan pada aspek kepraktisan sebesar 0,92 (valid). Nilai rata-rata validitas media e-Modul interaktif berbasis android sebesar 0,92 dan dapat dikategorikan valid. Sehingga diambil kesimpulan bahwa media yang diujikan sangat layak untuk digunakan.

Keywords


e-Modul interaktif; ADDIE; Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Article Metrics :

References


Antonius, A., Huda, N., & Suratno, S. (2022). Pengembangan e-modul interaktif pembelajaran gambar teknik berbasis keterampilan kreatif untuk siswa SMK. Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(2), 1090–1102. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1347

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Gora, R., Maryam, S., & Christianti, M. F. (2022). Pelatihan Mendesain Storyboard untuk Produksi Iklan Visual pada Yayasan Rumah Gemilang Indonesia, Depok. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 278–285. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i3.116

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan Apk Builder untuk pembelajaran matematika kelas X materi proyeksi vektor. MATHLINE Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan smartphone android sebagai media pembelajaran bagi guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.33

Koo, T. K., & Li, M. Y. (2016). A Guideline of Selecting and Reporting Intraclass Correlation Coefficients for Reliability Research. Journal of Chiropractic Medicine, 15(2), 155–163. https://doi.org/10.1016/j.jcm.2016.02.012

Nurakmal, D., Ningsih Kurnia, & Yeni, L. F. (2022). Pengembangan multimedia flipbook pada materi sistem organisasi kehidupan di kelas VII SMP/MTs . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5), 1–12.

Rahayaan, K., & Reresi, M. (2020). Studi analisis tentang linearitas komponen rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama katolik di persekolahan Kolese Xaverius Ambon. Jurnal Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 1(2), 81–96.

Saniah, S. L., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SDN Bakung III. Jurnal Sosialisasi (Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan), 8(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Research & Development. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2015). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susilana, R., & Riyana, C. (2011). Media pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Jakarta: Wacana Prima.

Wahyono, H. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Interaktif Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(2), 74. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5522

Yunitasari, Y., & Sintaro, S. (2021). Pengerak kamera dengan 2in1 Control (manual dan otomatis) menggunakan aplikasi android. Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, 2(2), 36. https://doi.org/10.33365/jtst.v2i2.1334

Yusrizal, & Rahmawati. (2022). Pengembangan Instrumen Efektif & Kuisioner. Yogyakarta: Pale Media Prima.