HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ELASTISITAS DI SMA KEMALA BHAYANGKARI KUBU RAYA

Nurul Amalia Amna
Stepanus Sahala Sitompul
Erwina Oktavianty


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4992

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara self-efficacy terhadap hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas di kelas XI MIA SMA Kemala Bhayangkari Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dan bentuk penelitian survei. Sampel dalam penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI MIA SMA Kemala Bhayangkari Kubu Raya, yang dipilih dengan mengguanakan teknik random sampling intact group. Data penelitian ini diperoleh dari data hasil instrument angket untuk self-efficacy yang berjumlah 30 pernyataan dan tes tertulis untuk hasil belajar yang berjumlah 6 soal. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi Jaspen’s didapatkan rhitung sebesar 0,400 dan rtabel sebesar 0,2737 (0,400 > 0,2737), maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara self-efficacy terhadap hasil belajar fisika peserta didik pada materi elastisitas pada kelas XI MIA SMA Kemala Bhayangkari Kubu Raya. Interpestasi koefisien korelasi 0,400 termasuk tingkat hubungan dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa self-efficacy yang tinggi maka hasil belajar juga tinggi.


Keywords


Self-Efficacy, Hasil Belajar

Article Metrics :

References


Djamarah. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Feist. (2017). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Ghufron dan Risnawati. (2016). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Irwansyah. (2013). Self Efficacy Mahasiswa Prodi PMA dalam Kalkulus. Jurnal Logaritma, 116.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.