PENGEMBANGAN E-MODUL TEMA KEMAGNETAN DAN PEMANFAATANNYA DALAM PRODUK TEKNOLOGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstract
Kegiatan belajar mengajar yang berorientasi pada berpikir kreatif sepenuhnya belum terlaksana secara optimal. Berpikir kreatif dapat dilatih dengan menggunakan bahan ajar berupa E-Modul tema Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Model yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti dengan dibatasi hanya pada tahap uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efisiensi dari bahan ajar E-modul sudah masuk dalam kategori “Valid” serta kevalidan E-Modul tema Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi secara keseluruhan mendapatkan hasil rata-rata sebesar 89,9% dengan kategori "Sangat Valid" dengan validasi ahli materi memperoleh persentase nilai sebesar 94,7% dengan kategori "Sangat Valid", validasi ahli media memperoleh persentase nilai sebesar 90,2% pada kategori "Sangat Valid" dan guru IPA memperoleh persentase nilai sebesar 84,8% pada kategori "Sangat Valid". Respon siswa memperoleh persentase nilai sebesar 86,5% dengan kategori "Sangat Efisien".
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipya
Budiman, Haris. 2016. Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, pp. 14-25.
Hamdi, Asep Saepul dan E, baharuddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Herawati, Nita Sunarya., Muhtadi, Ali. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interakif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2) : 180 – 191.
Hersandi, M., Mahardika, I. K. & Nuriman 2017. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Bentuk Brosur Untuk Pembelajaran IPA di SMP Ditinjau Dari Aspek Kegrafikanya. Jurnal Pembelajaran & Pendidikan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 57-64
Hikmah, K., & Astuti, R. (2018). Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Ta’lim Al-Lughoh Al-Arobiyah Dan Al-‘Ashri : Kajian Isi, Penyajian Dan Bahasa. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(1), 12–29. https:// doi.org/10.21070/ halaqa. v1i1. 1608
Khamidah, N., Winarto, & Mustikasari, V. R. 2019. Discovery Learning: Penerapan dalam Pembelajaran IPA Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran (JIPVA), vol. 3, no. 1, pp. 87-99.
Laili, Ismail., Ganefri., Umeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3): 306-315.
Mahfuddin, FM & Wahyuni, S 2021, ‘Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMP Beerbasis STEM (Science, Technology, Enginering and Mathematics) Terintegrasi Karakter pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana’, Unnes Physics Education Journal, Vol. 10, No. 3, Hal. 202-208.
Muthaharah, Kriswandani and Erlina, P. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra pendidikan, (Online). Vol. 2, No. 1. 63:75
Nia, Leksono, MS & Nestiadi, A 2022, ‘Pengembangan E-modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP’, Journal of Science Education, Vol. 6, No. 2, Hal. 415-421.
Novianti., D. 2015. Pengembangan Media Akutansi Asset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 Di SMKN 2 Baduran. Jurnal Pendidikan. Vol. 3. No. 2.
Purnanto, W & Mustadi, A. 2016. Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol 3. No 2
Ramadhani, W. P. & Mahardika, I. K. 2015. Kegrafikan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi. Seminar Nasional Fisika & Pembelajarannya, pp. 85-91
Romayanti, Cici,. Sudaryono, Agus,. Handayani, Dewi. 2020. Pegembangan E-Modul Kimia Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1): 51-58(2020)
Samiasih, Reni., dkk. (2017). Pengembangan E-module mata pelajaran ilmu Pengetahuan alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Jurnal Edcomtech, 2(2): 119-124.
Simarmata, A.A., dkk. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal KARMAPATI, 6(1): 93-102.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013) h. 297
Sudaryono, Gaguk. Margono, Wardani Rahayu. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: Graha Ilmu
Suryani, L, Hodijah, N, & Taufik, N, A 2022, ‘Pengembangan E-modul IPA Berbasiis Science Prosess Skills dengan Tema Transportasi si-Hijau untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII’, Journal of science Education, Vol. 6, No.2, hal. 322-330
Tania, Lisa., Susilowibowo, Joni. 2013. Pengembangan Bahan jar e-Modul Sebagai Pendukung Kurikulum 2013 SMK NEGERI 1 SURABAYA. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.
Wibowo, E., dan Pratiwi, D. D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika.1(2): 147-156.
Wicaksono, Luhur. 2016. Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, vol. 1, no. 2, pp. 9-19
Winatha, R, K, Suharsono, N & Agustini, K 2018, ‘Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 15, No. 2, Hal. 188-199.
Winaya,I. Kadek Adi, I. Gede MahendraDarmawiguna, dan I. Gede Partha Sindu. 2016.Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMKNegeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan. 13 (2): 198-211