PENGEMBANGAN E-MODUL TEMA KEMAGNETAN DAN PEMANFAATANNYA DALAM PRODUK TEKNOLOGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Rina Akbar Bantani
Liska Berlian
Septi Kurniasih


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4933

Abstract


Kegiatan belajar mengajar yang berorientasi pada berpikir kreatif sepenuhnya belum terlaksana secara optimal. Berpikir kreatif dapat dilatih dengan menggunakan bahan ajar berupa E-Modul tema Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Model yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti dengan dibatasi hanya pada tahap uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efisiensi dari bahan ajar E-modul sudah masuk dalam kategori “Valid” serta kevalidan E-Modul tema Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi secara keseluruhan mendapatkan hasil rata-rata sebesar 89,9% dengan kategori "Sangat Valid" dengan validasi ahli materi memperoleh persentase nilai sebesar 94,7% dengan kategori "Sangat Valid", validasi ahli media memperoleh persentase nilai sebesar 90,2% pada kategori "Sangat Valid" dan guru IPA memperoleh persentase nilai sebesar 84,8% pada kategori "Sangat Valid". Respon siswa memperoleh persentase nilai sebesar 86,5% dengan kategori "Sangat Efisien". 


Keywords


berpikir kreatif; e-modul; kemagnetan dan pemanfaatannya

Article Metrics :

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipya

Budiman, Haris. 2016. Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, pp. 14-25.

Hamdi, Asep Saepul dan E, baharuddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Herawati, Nita Sunarya., Muhtadi, Ali. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interakif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2) : 180 – 191.

Hersandi, M., Mahardika, I. K. & Nuriman 2017. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Bentuk Brosur Untuk Pembelajaran IPA di SMP Ditinjau Dari Aspek Kegrafikanya. Jurnal Pembelajaran & Pendidikan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 57-64

Hikmah, K., & Astuti, R. (2018). Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Ta’lim Al-Lughoh Al-Arobiyah Dan Al-‘Ashri : Kajian Isi, Penyajian Dan Bahasa. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(1), 12–29. https:// doi.org/10.21070/ halaqa. v1i1. 1608

Khamidah, N., Winarto, & Mustikasari, V. R. 2019. Discovery Learning: Penerapan dalam Pembelajaran IPA Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran (JIPVA), vol. 3, no. 1, pp. 87-99.

Laili, Ismail., Ganefri., Umeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3): 306-315.

Mahfuddin, FM & Wahyuni, S 2021, ‘Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMP Beerbasis STEM (Science, Technology, Enginering and Mathematics) Terintegrasi Karakter pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana’, Unnes Physics Education Journal, Vol. 10, No. 3, Hal. 202-208.

Muthaharah, Kriswandani and Erlina, P. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra pendidikan, (Online). Vol. 2, No. 1. 63:75

Nia, Leksono, MS & Nestiadi, A 2022, ‘Pengembangan E-modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP’, Journal of Science Education, Vol. 6, No. 2, Hal. 415-421.

Novianti., D. 2015. Pengembangan Media Akutansi Asset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 Di SMKN 2 Baduran. Jurnal Pendidikan. Vol. 3. No. 2.

Purnanto, W & Mustadi, A. 2016. Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol 3. No 2

Ramadhani, W. P. & Mahardika, I. K. 2015. Kegrafikan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi. Seminar Nasional Fisika & Pembelajarannya, pp. 85-91

Romayanti, Cici,. Sudaryono, Agus,. Handayani, Dewi. 2020. Pegembangan E-Modul Kimia Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1): 51-58(2020)

Samiasih, Reni., dkk. (2017). Pengembangan E-module mata pelajaran ilmu Pengetahuan alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Jurnal Edcomtech, 2(2): 119-124.

Simarmata, A.A., dkk. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal KARMAPATI, 6(1): 93-102.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013) h. 297

Sudaryono, Gaguk. Margono, Wardani Rahayu. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: Graha Ilmu

Suryani, L, Hodijah, N, & Taufik, N, A 2022, ‘Pengembangan E-modul IPA Berbasiis Science Prosess Skills dengan Tema Transportasi si-Hijau untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII’, Journal of science Education, Vol. 6, No.2, hal. 322-330

Tania, Lisa., Susilowibowo, Joni. 2013. Pengembangan Bahan jar e-Modul Sebagai Pendukung Kurikulum 2013 SMK NEGERI 1 SURABAYA. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Wibowo, E., dan Pratiwi, D. D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika.1(2): 147-156.

Wicaksono, Luhur. 2016. Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, vol. 1, no. 2, pp. 9-19

Winatha, R, K, Suharsono, N & Agustini, K 2018, ‘Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 15, No. 2, Hal. 188-199.

Winaya,I. Kadek Adi, I. Gede MahendraDarmawiguna, dan I. Gede Partha Sindu. 2016.Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMKNegeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan. 13 (2): 198-211