PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK

Sri Wahyuni
Dwi Sri Astutik
Wawuk Lisnawati
Deby Izmarini
Sa’adatul Ukhrowiyatul Hasanah
Nikmatul Izzah
Dewi Ramandani Putri


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4807

Abstract


Model pembelajaran mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu contoh model pembelajaran adalah Project-Based Learning (PjBL) yang berupaya menghubungkan teknologi dengan situasi kehidupan sehari-hari bagi siswa atau dengan proyek yang berkaitan dengan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa setelah menggunakan model PjBL dapat pada materi sistem reproduksi manusia. Pada model PjBL, siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajarannya, sedangkan peran guru lebih banyak sebagai fasilitator dan evaluator terhadap produk yang dihasilkan siswa melalui proyek. Implementasi Lesson Study di sekolah ini tedapat tiga tahap: perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Pada tahap perencanaan, guru merancang pembelajaran secara kolaboratif. Tahap pelaksanaan melibatkan pengamat untuk mengamatai siswa belajar, sedangkan pada tahap refleksi, baik guru maupun pengamat melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa model PjBL berbasis Lesson Study terbukti sangat bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Selain itu, Lesson Study juga berkontribusi pada peningkatan profesionalisme guru.


Keywords


project based learning; lesson study; student creativity

Article Metrics :

References


Adler, J., Mwadzaangati, L., & Takker, S. (2023). From defining as assertion to defining as explaining meaning: teachers' learning through theory-informed lesson study. International Journal for Lesson & Learning Studies, 12(1), 38-51.

Almujab, S., Yogaswara, S. M., Novendra, A. M., & Maryani, L. (2018). Penerapan lesson study melalui metode project based learning untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran di FKIP UNPAS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Antika, I. G. (2023). Penerapan Strategi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mipa (Matematika Dan Ipa) Melaksanakan Pembelajaran Berasosiasi Pakem (Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan) Di Smp Negeri 1 Kuta Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(9), 3882-3895.

Fajarianingtyas, D. A. (2012). Penerapan Inkuiri Terbimbing Melalui Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA-2 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 9-16.

Febrianti, D., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Merancang Proposal Karya Ilmiah Pada Siswa Kelas Xi Kuliner 2 Di Smk Nusa Dua Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(1), 1-10.

Hasanah, N., Ambarsari, I. F., & Puspitasari, Y. (2023, January). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Menggunakan Strategi Pembelajaran Collaborative Learning Di SMP IT Tarbiyatul Muta’allimin. Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022.

Ikram, F. Z., Hijrah, M., & Yanti, R. W. (2023). Penyuluhan Tentang Lesson Study (LS) Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru di SMPN 1 Majene. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 104-113.

Kerans, G., & Ngongo, K. P. (2023). Pengembangan Buku Siswa melalui Lesson Study dengan menggunakan Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran IPA Terpadu yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(1).

Laja, Y. P. W., Fitriani, F., Ahzan, Z. N., & Nainhas, E. (2023). Pelaksanaan Lesson Study Dalam Menyusun Aktivitas Merdeka Belajar Matematika di SMPN Neonbat Kefamenanu. Alamtana: Jurnal Pengabdian Masyarakat Unw Mataram, 4(1), 24-34.

Lubis, F. E. S., Tanjung, I. F., & Siregar, L. N. K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA/MA. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(5), 18-32.

Misu, L., & Salam, M. (2023). Pendampingan Guru-Guru SMP Dalam Melaksanakan Open Kelas Melalui Pendekatan Lesson study Di Sekolah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 245-252.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 17(1), 39-47.

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Rahmawati, S., Sudarmiani, S., & Nugraha, N. (2023). Penerapan Lesson Study Dalam Peningkatan Kompetensi Guru IPS dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 8A SMPN 1 Ngrayun Kab. Ponorogo. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 2(1), 38-49.

Ridianingsih, S. D., Aini, M., & Yunitasari, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Mahasiswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 91-97.

Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan lesson study menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26-32.

Sari, D. R., & Hidayat, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Lesson Study Pada Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 2(1), 49-56.

Suryawati, E., Syafrinal, S., Mahdiyah, E., Hermandra, H., Muwardi, D., & Musfar, T. F. (2023). Community assistance for mover teachers through the lesson study-based opening class movement. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), 196-204.

Tonra, W. S., Firman, S., Kasman, A., Wahid, F., & Kandacong, K. (2023). Merancang Pembelajaran Kontekstual pada Materi Pemodelan Matematika Melalui Lesson Study. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 01-09.

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model pembelajaran cooperatif integrated reading composition berpola lesson study meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203-211.

Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan kemampuan kerjasama dalam tim melalui pembelajaran berbasis lesson study. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 9-16.

Zawawi, I. (2023). Pendampingan Pembelajaran Matematika Smp Melalui Lesson Study For Learning Community (LSLC) Di SMPN 3 Gresik. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 3(1), 41-50.