PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MATERI GLBB BERBASIS SENSOR INFRA RED

Rudianto Rudianto
Hadma Yuliani
Jhelang Annovasho


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4736

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sebagai alat praktikum GLBB. Alat ini dirancang untuk mengukur percepatan benda yang bergerak pada air track dengan menggunakan sensor infrared sebagai alat pendeteksi pergerakan benda. Tujuan pengembangan media adalah memberikan kemudahan kepada guru dalam mengajar siswa. Untuk memastikan kualitas media ini, dilakukan validasi oleh tiga orang validator dan uji coba media diadakan di ruang Laboratorium Fisika IAIN Palangka Raya. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Proses penelitian mencapai tahap Development, karena fokus penelitian adalah menciptakan media pembelajaran yang valid sebagai materi ajar, berdasarkan penilaian dari para validator. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses validasi menghasilkan nilai rata-rata V Aiken’s sebesar 0,88, yang masuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis sensor infrared telah memperoleh validasi yang sangat baik untuk digunakan dalam konteks pembelajaran fisika.


Keywords


sensor infra red; R&D; ADDIE; validasi

Article Metrics :

References


Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi SitusPekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. JURNAL EDUKASI, V(1): 19-23.

Ahyanuardi, A., Hambali, H., & Krismadinata, K. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1).

Diani, R. (2016). Pengembangan modul dengan pendekatan saintifik berbasis pendidikan karakter untuk kelas X SMA/MA pada materi suhu dan kalor. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Fisika.

Dwi, A. I., Asep, S. R., & Luhur, S. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learningberbasis Android. JPPPF -Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika.

Ghaliyah, S., Bakri, F., & Siswoyo, S. (2015). Pengembangan modul elektronik berbasis model learning cycle 7E pada pokok bahasan fluida dinamik untuk siswa SMA kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) Snf2015 (pp. 149-154).

Hamzah, N. (2011). Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermansyah, Yahya, F., Yulanci, S., Senyaya, I., & Sulindra, I. (2022). 70The Effect of Virtual Experiment Media in Direct Learning on Students' Cognitive Learning Outcomes on GLB-GLBB Material. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).

Masyruhan, M., Pratiwi, U., & Hakim, Y. A. (2020). PERANCANGAN ALAT PERAGA HUKUM HOOKE BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO SEBAGA. S P E K T R A: Jurnal Kajian Pendidikan Sains 6 (2).

Putra, L. D., & Ishartiwi. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFMENGENAL ANGKA DAN HURUF UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.

Ridawan, M., Yuliani, H. Y., & Syar, N. I. (2021). Pengembangan Prototipe Kincir Angin Savonius Menggunakan Bilah Baling Sel Surya Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.

Rosdianto, H. (2018). RANCANG BANGUN ALAT PRAKTIKUM GERAK JATUH BEBAS DENGAN STOPWATCH OTOMATIS SEDERHANA. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika.

Sadiman. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, H., Rakhmad, A., & Raisal, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA AJAR LUBANG HITAM MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 4No.2.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, N., Jamzuri, J., & Rahardjo, D. (2013). Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan medi pocket book dan tanpa pocket book pada materi kinematika gerak melingkar kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1),164-172.

Surya, I., & Kustija, J. (2022). Implementation of the Electricity Load Monitoring Trainer and Internet of Things-based Power Factor Improvement. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 12.

Susanty, W., & Suhartono. (2021). JPSP Volume 1 Nomor 1 Tahun 2021Page 82Penerapan Model Guided InquiryBerbantukan Program One Day One Diary for Scienceterhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. JPSP Volume 1 Nomor 1.

Wijaya, A. (2015). Pengembangan Set Praktikum Kesetimbangan Statis Benda Tegar untuk Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Universitas Negeri Jakarta.

Yilia, R., Suanti, E., & Rizal, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis AndroidPada Materi Elastisitas Bahan untuk SMA Kelas XI. JEP | Volume 6| Nomor 1| Mei .

Yuberti, Y. (2015). Peran teknologi pendidikan Islam pada era global. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 137-148.

Yuda, I., Suma, S., & Candiasa, I. (2014). Pengembangan e-learning fisika dalam bentuk website berorientasi sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas siswa kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA.

Yuliani, H. (2017). PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH-MX DAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06 (1).