PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII

Mawarti Mawarti
Mella Mutika Sari
Sauqina Sauqina


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4672

Abstract


Mayoritas peserta didik di SMP belum memiliki sifat kemandirian belajar, hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, misalnya guru belum menggunakan media pembelajaran secara optimal, tetapi hanya menggunakan buku dan LKS. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, keefektifan, dan kemandirian belajar peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran IPA berbasis video animasi powtoon. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi media, angket respon peserta didik, tes hasil belajar serta angket kemandirian belajar. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Validitas media berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 0,86 dengan kriteria “sangat valid” (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon peserta didik mendapatkan persentase 83,95% dengan kriteria “sangat praktis”, (3) Keefektifan media berdasarkan tes hasil belajar diperoleh n-gain score sebesar 0,79 dengan kriteria “tinggi”, (4) Kemandirian belajar mendapatkan persentase 74,83 % dengan kriteria “baik”. Disimpulkan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon layak digunakan dalam melatih kemandirian belajar peserta didik.


Keywords


media pembelajaran; video animasi; powtoon; kemandirian belajar

Article Metrics :

References


Age, D. L., Suryandari, S. , & Sugianto. I. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1(3).

Akbar. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda

Karya.

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan

Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal TEKNODIK. Vol. 23(2).

Alamsyah, P. T., Pamungkan, S. A., & Awalia, I. (2019). Pengembangan Media

Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika dan Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 10(1) ; 49-56.

Anggita, Z. (2020). Penggunanaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa, Sastra & Pengajaran. Vol.

(2).

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.

EDUCATION JOURNAL.

Darmawan, D & Kustandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran KENCANA: Jakarta.

Dhany, F. A., Ayuningtyas, N., & Riva’i, Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 9(2).

Deliviana, E. (2017). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat

Dan Problematikanya. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Jurnal EduSains. Vol. 4(2).

Ganing, N. N & Mertasari, S. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan

IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol. 4(2).

Genta, Tim Maestro.(2020). Bupelas. Genta Group Production: Surabaya.

Hadijah, S. H., & Laksana, A. P. (2019). Kemandirian Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1-7.

Handayani, S. L & Dewi, F. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En – Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5(4).

Hermanto & Sutarsih, W. A. (2019). Pengembangan Rancangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Teks Prosedur Kelas VII di SMP Negeri 3 Mlati. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Ismail, N & Semaan, C. (2018). The Effect Of Using Powtoon On Learning English As A Foreign Language. International Journal of Current Research. Vol. 10(05).

Kamalia, U. P & Khofifah. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran

Powtoon pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Cerme. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 15(2).

Manuaba, S. B. I & Sukarini, K. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha. Vol. 8(1).

Muhartati, E., Bony, I., & Haryati. (2020). Validitas Media Pembelajaran Video Animasi Materi Sistem Ekskresi pada Ginjal untuk Siswa Kelas VIII SMP. Student Online Journal. Vol. 1(2).

Negara, O. A., & Dewi, C. L,. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Melalui Video Animasi IPA Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 122-130.

Nida, S,. Ibrohim,. & Silvia, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 1(3), 216-225.

Nulhakim, L., Ruhiat, Y., & Wulandari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 8(2) : 269-279.

Octavia, S. H. (2020). Model-Model Pembelajaran. CV Budi Utama: Yogyakarta.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung:

Alfabeta.

Rizkiyah, L. Z. et al. , (2022). Pengembangan Video Animasi Organ Pernapasan Manusia Bermuatan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring. Jurnl Kependidikan Dasar Islam Berbasis

Sains. Vol. 7(1).

Rohani & S, I. R. K. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran.AXIOM. Vol.

(1).

Rulviana, V. Et al. , (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi

Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Elementary School. Vol. 8(1).

Satriyani, F. Y & Ikasari, Y. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran

Video Animasi Materi Tata Surya di Kelas VI Sekolah Dasar Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar. Vol. 5(2).

Subali, B., Susilo, S., & Aulia, N. L. (2019). Upaya Peningkatan Kemandirian

Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5(1).

Saputra, E. R & Hanipah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas IV. Jurnal PEDAGOGIK. Vol. X(1).

Sugianti. & Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE

dan R2D2. Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute: Kota Pasuruan, Indonesia.

Simarmata, J. et al. , (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kitab Menulis :

Yogyakarta.

Sugiyono. (2011). Motode Penelitian Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan RnD.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Sulisworo, D & Basriyah, K. (2018). Pengembangan Video Animasi Berbasis

Powtoon untuk Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi

Termodinamika. Seminar Nasional

Edusainstek.

Suminarsih, E et al, . (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang

Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 6(2).

Susilawati, I et al, . (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan

Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains. Vol. 3(2).

Turdjai & Fahrullah, A. (2019). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. Vol. 9(2).

Kebudayaan, K. P. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam untu SMP/MTS Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yohandri, et al. , (2021). Kemandirian dan Motivasi Belajar Biologi Siswa

Menggunakan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal

Pendidikan Biologi. Vol. 8(2).

Yusri, D,. & Zaki, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2).