PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMP

Noor Niki Hidayati
Ratna Yulinda
Rizky Febriyani Putri


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4551

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran e-booklet materi sistem tata surya kelas VII SMP. Metode yang diterapkan yaitu Penelitian dan Pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi media, angket respon peserta didik, angket respon guru, hasil pre-test, dan hasil post-test. Penelitian ini menghasilkan: (1) skor validitas e-booklet sebesar 84,09% menunjukkan kriteria sangat valid; (2) skor kepraktisan media e-booklet memperoleh nilai sebesar 97,57% oleh guru dan 85,33% oleh peserta didik yang menunjukkan kriteria sangat praktis; (3) keefektifan media pembelajaran e-booklet diperoleh dari nilai skor rata-rata pre-test sebesar 59,23 dengan kriteria cukup efektif dan meningkat pada hasil post-test sebesar 76,54 menunjukkan kriteria efektif. Berdasarkan hasil uji memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga media pembelajaran e-booklet sistem tata surya yang dikembangkan dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran.


Keywords


e-booklet; media pembelajaran; sistem tata surya

Article Metrics :

References


Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik SMP. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 1 (3), 81-89. https://doi.org/ 10.55784/ jupeis.Vol1.Iss3.119

Amalia, N. I., Yuniawatika, & Murti, T. (2020). Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 282-291. http://dx. doi.org/10.17977/um038v3i32020p282

Amin, N., Oviana, W., & Ghassani, F. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Web Menggunakan Web Anyflip pada Materi Sistem Pencernaan. Bioeducation Journal, 5(2), 99-110. https://doi.org/ 10.24036/bioedu.v5i2.321

Apriliani, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Pada Materi Kingdom Animalia Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Damanik. N. F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA E-Booklet Berbasis MIKIR Pada Materi Pembelajaran Tata Surya Sebagai Sumber Belajar Secara Daring Di Sekolah Dasar. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Darlen, R. F., Sjarkawi, S., & Lukman, A. (2015). Pengembangan E-book Interaktif Untuk Pembelajaran Fisika SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 5(1), 13–23. https://doi.org/10.22437/ tekno pedagogi.v5i1.2282

Daryanto (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Edisi Ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media

Fitriani, R., Mahrudin, & Irianti, R. (2023). Validitas E-Booklet Keanekaragaman Jenis Ikan Di Sungai Irigasi Rawa Desa Tanipah Kecamatan Mandastana Pada Konsep Animalia. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss1.409

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63. https://doi.org/ 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75

Hanifah, Afrikani, T., & Yani, I. (2020). Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biology Education Research, 1(1), 10-16. DOI: 10.55215/jber.v1i1.2631

Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 10 Pada Materi Reproduksi Tumbuhan Untuk Mengukur Hasil Belajar. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (3), 6-16.https://doi.org/10.55784/ jupeis.Vol1.Iss3.68

Iman, F. N. (2015). Evaluasi Pemanfaatan TIK pada Pembelajaran oleh Guru-Guru SMP Negeri 1 Ungaran dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 9-15.

Indriani, M., & Kholiq, A. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Model Diskusi Berbasis ECT (E-Book Critical Thinking). IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 08 (03), 895-897. DOI: htt ps://doi.org/10.26740/ipf.v8n3.p%25p

Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50-58. DOI:10.35719/vektor.v1i2.11

Jauharati, Hardiansyah, & Halang, B. (2022). Pengembangan Handout Berbasis Flip HTML5 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Siswa Kelas XI SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 1 (3), 140-151. https://doi.org/10.55784/ jupeis. Vol1.Iss3.159

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 54 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masruroh, D., & Agustina, Y. (2021). E‐Modul Berbasis Android Sebagai Pendukung Pembelajaran Daring Dan Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(6), 559-568.

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27. DOI:10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.69

Nadzif, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. Skripsi, Universitas Lambung Mangkurat.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/ 10.24815/jipi.v2i2.12389

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96. https://doi.org/ 10.32493/ sasindo.v8i2.79-96

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2(2), 147-154.

Prasetiyo, N. A. & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Matakuliah Biologi Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19-27. DOI:10.22219/jpbi.v3i1.3969

Putri, R. R. R. R., Kaspul, & Arsyad. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (2), 93-104. https://doi.org/10.55784/ jupeis.Vol.1.Iss.2.46

Rahma, A. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet Elektronik Konsep Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMA/MA. Skripsi, Universitas Lambung Mangkurat.

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 43-59. https ://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.30

Sultan. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC). Sigma, 12(1), 1-35. https:// doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3918

Sulistina, B. A. (2016). Pengembangan Media Booklet Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Tumbuhan Kelas VII MTs/SMP. Skipsi, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.

Suparno. (2018). Development of E-Book Multimedia Model to Increase Critical Thinking of Senior High School Students. Dinamika Pendidikan, 12(2), 196-206. https://doi.org/10.15294/ dp.v12i2.13567

Wahidah, S., Amintarti, S., & Rezeki, A. (2022). Pengembangan E-Booklet Lumut Kerak (Lichen) Di Taman Buah Lokal Kawasan Mangrove Rambai Center Sebagai Materi Penunjang Mata Kuliah Cryptogamae. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (3), 109-118. https://doi.org/10.55784/ jupeis. Vol1.Iss3.148