PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BUKU DIGITAL BERBASIS STEM PADA MATERI PENCEMARAN AIR

Zumrotin Nuriah
Haning Hasbiyati - [ https://orcid.org/0000-0002-3623-5958 ]
Umi Nurjanah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4507

Abstract


Kurangnya minat peserta didik untuk belajar IPA disebabkan karena media pembelajaran kurang bervariasi. Maka,  dibutuhkan media yang membuat minat belajar meningkat. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan multimedia buku digital berbasis STEM materi pencemaran air. Metode penelitian yang diterapkan yaitu pengembangan model Plomp terdiri dari 3 tahapan meliputi analisis, desain dan pengembangan, dan evaluasi. Untuk menguji coba produk dilakukan uji kevalidan materi dan media. Metode analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Wawancara dan angket digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian memperoleh presentase skor uji kevalidan materi sebesar 97% dan uji kevalidan media diperoleh presenase skor 89% dengan kategori kevalidan sangat valid. Berdasarkan uji kevalidan maka multimedia buku digital berbasis STEM materi pencemaran air dapat untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA

Keywords


Buku digital; STEM; Pencemaran Air

Article Metrics :

References


Afifah, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Konsep Tekanan Zat Cair Melalui Pendekatan Stem (Science Technology Engineering Mathematic) Di Kelas Viii Smpn 4 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 75–79. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3351

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (Kedua). PT Remaja Rosdakarya.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Aulia, R. P., Prihatin, J., & Siswati, B. H. (2023). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Keberhasilan Belajar Siswa Dengan Penerapan Buku Ajar Elektronik Sistem Ekskresi Berbasis Brain-Based Learning (Bbl) Dilengkapi Video Dan Diagram Roundhouse. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 11–17.

Dony, N., Nuriah, N., Jurniah, J., & Karina, K. (2018). Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Kartu. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 392. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.226

Fardiansah, I., Ruhiyat, Y., & Suherman, S. (2021). Buku Digital Interaktif Sistem Air Conditioning (Ac): Upaya Membelajarkan Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Daerah Yang Miskin Sinyal Seluler. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(1), 24–31. https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.14042

Hardiana, H., Akramunnisa, A., & Lenda, J. B. (2021). Pengembangan Buku Digital Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Semantik, 105–112. http://journal.uncp.ac.id/index.php/semantik/article/view/1606%0Ahttps://journal.uncp.ac.id/index.php/semantik/article/download/1606/1417

Hasbiyati, H., Afidati, N. I., & Haque, A. (2022). Pengembangan Multimedia Buku Digital Materi Pencemaran Lingkungan Pada Pembelajaran Ipa Multimedia Development of Digital Book on Environmental Pollution Materials in Science Learning. Quantum, 13(2), 177–187.

Marselina, V., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 196–207.

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Nieveen, N. (1999). Educational Design Research Educational Design Research. Educational Design Research, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Okta, P. D., Yennita, Y., & Ansori, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 86–95. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.86-95

Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 99. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.99-108

Setiawan, D. A., Wahjoedi, Towaf, S. M., & 2018. (n.d.). Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1133–1141. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Singarimbun, Masri Dan Effendi, S. (1995). Metode Penelitian Survai (S. Singarimbun, Masri Dan Effendi (Ed.); (Kedua). Pustaka Lembaga Penelitian Dan Penerangan Ekonomi Dan Sosial Indonesia

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2, 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33