ANALISIS BUTIR SOAL TES OBJEKTIF PENILAIAN TENGAH SEMESTER MATA PELAJARAN EVOLUSI DAN BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA

Anggun Novita Ciptasari
Sumarno Sumarno
Eny Hartadiyati Wasikin H.
Risno Setiyono Risno Setiyono


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4488

Abstract


Mengukur kemampuan siswa guru perlu punya kemampuan dalam penyusunan instrumen tes yang efektif. Tujuan riset peneliti yakni guna mengetahui kualitas butir soal tes objektif penilaian tengah semester pada pembelajaran biologi di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Riset peneliti memakai pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian menggunakan sampel sejumlah 200 lembar jawaban siswa. Data dianalisis berdasarkan data tes PTS kelas XII dan dikelompokkan berdasarkan kategori. Hasil penelitian menunjukkan : tingkat kesulitan soal dari 10 butir soal ada 6 butir masuk kategori mudah dengan persentase 60%, 2 butir sedang dengan persentase 20%, serta 2 butir sulit atau sukar dengan persentase 20%. Daya pembeda soal menunjukkan 1 butir jelek sekali dengan persentase 10%, 1 butir jelek dengan persentase 10%, 2 butir cukup dengan persentase 20%, 4 butir baik dengan persentase 40%, dan 2 butir sangat baik dengan persentase 20%. Pengecoh soal item A di ulang untuk soal 1, 7, 9 dan 10; item B di ulang untuk soal 2, 5, 7, dan 9; item C di ulang untuk soal 4 dan 9; item D di ulang untuk soal 1, 2, 4, 9, dan 10. Item E di ulang untuk soal 1, 2, 5, 7, dan 8. Selain itu, maka masuk kategori di terima.


Keywords


analisis butir soal; tes objektif; evolusi dan bioteknologi

Article Metrics :

References


Amrulloh, A. (2015). Sistem Penilaian dalam Pembelajaran. Al Bayan, 7(2), 125–148. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/74008-ID-sistem-penilaian-dalam-pembelajaran.pdf

Andini, D. P., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMP IT Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6, 401–412.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azis. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998.

Cahyasari, V. D., & Hartadiyati, E. H. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Virtual Laboratory Terhadap Peningkatan Berfikir Kreatif Dan Pemahaman Konsep Materi Eubacteria Di Sma Negeri 8 Semarang. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 5(1), 61–74. https://doi.org/10.26877/bioma.v5i1.1494

Damayanti, W. W., Halidjah, S, & Pranata, R. (2021). Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal Pilihan Ganda pada Penilaian Tengah Semester Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa, 10(11), 1–10. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/50458/75676591120

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, L.U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Febyronita, D., &., & Giyanto. (2016). Survei Tingkat Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Tes Berbentuk Jawaban Singkat (Short Answer Test) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Geografi) Kelas VII di SMP Negeri 1 Mesuji Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Swarnabhumii, 1(1), 17–21.

Magdalena, I. Fauzi, H. N., & Raafiza, P. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 244–257. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mina, Regina, & Wijaya, B. (2014). An Analysis on The English Multiple-choice Item Test for Primary Students. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7), 1–12. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6494/6728

Mukherjee, P., & Lahiri, S. K. (2015). Analysis of Multiple Choice Questions (MCQs): Item and Test Statistics from an assessment in a medical college of Kolkata, West Bengal. IOSR Journal of Dental and Medical Sciences, 14(12), 2279–2861. https://doi.org/10.9790/0853-141264752

Octavia, Y. M. (2014). Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester II Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Qodra, L. M., Asnimar, & Laihat. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Evaluasi Pembelajaran Tematik Yang Digunakan Guru Kelas IV di SD Negeri 81 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8(1), 56–65. https://doi.org/10.36706/jisd.v8i1.14367

Rahmaini, R., & Taufiq, A. N. (2018). Analisis Butir Soal Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Sedayu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal MUDARRISUNA, 8(1), 1–24.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Edisi 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, 4(1), 37–47.

Santosa, S. &., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678–1686. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2206

Sari, O. P. D., Sunismi, & Fuady, A. (2023). Analisis Instrumen Soal Ujian Akhir Semester (Uas) Mata Pelajaran Matematika Peminatan Pada Soal Pilihan Ganda. Jumlahku, 9, 1–12.

Septiani, A.Q., &. Yuliasma. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP N 5 Padang Tahun Ajaran 2019/2020. E-Jurnal Sendratasik, 21(1), 1–9.

Sumarno. (2013). Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Implementasi Pembelajaran Cooperative Inquiry. 1–6. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Utomo, B. (2019). Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4883

Warju, Ariyanto, S. R., Soeryanto, & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots pada Kompetensi Sistem Rem di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Yusmaita, E., & Nasra, E. (2018). Design of Chemical Literacy Assessment by Using Model of Educational Reconstruction (MER) on Solubility Topic. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012106