PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SD
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap kemampuan literasi sians siswa SD. Dimana penerapan literasi sains yang ada di Indonesia ini terbilang cukup rendah, pemilihan model pembelajaran juga mempengaruhi hal tersebut. Melihat kondisi tersebut perlu adanya pembaharuan dengan pemanfaatan teknologi menggunakan media video animasi untuk meningkatkan literasi sains siswa dengan harapan generasi yang akan datang dapat menghadapi pendidikan abad-21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantittatif eksperimen dengan desain penelitian pre-Exsperimenal Designone-Group( Pretest-Posttest Design). Populasi yang digunakan adalah kelas V SDN Jimbaran Kulon sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan pada setiap kelompok yang sama. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitihan ini adalah hasil telah yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test siswa menggunakan N-Gain. Sehingga hasil penelitian menunjukkan menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video animasi terhadap kemampuan literasi sains siswa SD.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aiman, U., & Ramadhaniyah, R. A. . A. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5.
Bagiada, M., & Nyoman Laba Jayanta, I. (2022). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Levidio Presentation Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 61–68. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47637
Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348
Dwi Agustina, M., Nur Hudha, M., & Nur Kemala, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 2747–206.
Evianai, S. U. T. S. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD.
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354
Imawati, Supardi, Z. A. I., & Azizah, U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 6(5), 8923–8935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3974
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Kurniawan, A., Sari, M., & Jannah, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Fisika Berbasis Model Learning Cycle 5E Berbantuan Adobe After Effects Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA …. Natural Science: Jurnal …, 7(1), 12–21. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/2306%0Ahttps://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/download/2306/1684
Lake, M. C., Naen, A. B., & Pasaribu, R. (2023). Penerapan Media Video Animasi Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMAN Binino. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.30822/magneton.v1i1.2038
Mey Prihandani Wulandari. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Matematika, 1(2), 263–278.
Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., Rahayu, R., & Pendidikan, I. (n.d.). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD.
Pratama, D., Nugraha, W. S., & Mutaqin, E. J. (2023). Pengaruh Media Berbasis Video Animasi Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Mata Pelajaran IPA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.1986
Rahmawati, T., Yuliana, R., & Setiawan, S. (2022). Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Untuk Melatih Kemampuan Literasi. Jurnal Educatio, 8(4), 1351–1359. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3625
Safrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10215
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.
Tri andini, A., Pamungkas, A. S., & Nurhasanah, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Kinemaster Berbasis Literasi Sains Di Sekolah Dasar. 07, 289–301.
Wardani, G. D. (2022). Implementasi Literasi Sains Sekolah Dasar Melalui Media AnimasiMata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Pendidikan Dasar, 1(1), 275–283. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.199
Winata, A., Cacik, S., & Seftia R. W., I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V Sdn Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 58. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.356
Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. 3(2).