STUDI KOMPARATIF KESADARAN GURU IPA TENTANG PCK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII

Syahrini Mukerji - [ http://orcid.org/0000-0002-1825-0097 ]
Sauqina Sauqina
Ratna Yulinda


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4467

Abstract


PCK merupakan pengetahuan pribadi seorang guru yang diperlukan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Penelitian ini merupakan uji komperatif dengan membandingkan kesadaran guru IPA tentang PCK dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Populasi penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII dari 2 sekolah yang berjumlah 68 siswa, sampel penelitian dipilih secara porpusive sampling yaitu 36 siswa yang gurunya sadar PCK dan 32 siswa yang gurunya tidak sadar PCK. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meggunakan data sekunder yaitu nilai ujian akhir semester siswa diambil dari masing-masing sekolah dan dibandingkan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dikarenakan data yang dikumpulkan tidak normal ataupun homogen. Uji statistik mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan konkret antara hasil belajar siswa guru sadar PCK dengan skor lebih rendah dari pada hasil belajar siswa guru tidak sadar PCK. Hasil penelitian ini memiliki perbedan dengan teori yang telah disusun tentang PCK, sehingga perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam dan lebih rigid saran untuk penelitian selanjutnya yakni dengan mencari sekolah yang secara statistik homogen serta mempertimbangkan aspek selain akriditasi seperti keterampilan guru dan pengalaman mengajar.


Keywords


hasil belajar; kesadaran guru; pedagogical content knowledge

Article Metrics :

References


Abidin, Z. (2019). Analisis Pedagogical Content Knowledge Didalam Konteks Pendidikan Karakter: Sebuah Study Metasynthesis. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 34-42.

Bayu, P. D. (2019). Analisis Kendala Pendidik Ipa Terhadap Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp Swasta. Jurnal Bioterdidik, 44-56.

Budiwanto. (2017). Metode Statistika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 44-63.

Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Karmini. (2020). Statistika Non Parametrik. Samarinda: Mulawarman University Press.

Loughran, J. A. (2012). Understanding And Developing Scienceteachers’ Pedagogical Content Knowledge. Rotterdam: Sense Publisher.

Mahmudah. (2018). Pengelolaan Kelas : Upaya Megukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 53-70.

Subanji. (2012). Peningkatan Pedagogical Contet Knowledge Guru Matematika Dan Praktiknya Dalam. Jurnal Ilmu Pendidikan , 71-79.

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Malas Belajar . Jurnal Pendidikan Agama Islam, 39-55.