PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA SD

Maulidya Putri Pratama
Fitria Nur Hasanah - [ http://orcid.org/0000-0003-0271-9652 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4454

Abstract


Minat belajar siswa yang rendah serta suasana belajar yang kurang nyaman dan kurang bermakna dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Sebagian besar guru saat ini sangat jarang menggunakan media pembelajaran, guru cenderung fokus pada satu sumber yaitu buku, sehingga siswa sulit memahami materi yang abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media interaktif berbasis video terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen (Posttest Only Control Design). Populasi yang digunakan meliputi sebanyak 52 siswa Kelas V SDN Jimbaran Kulon, teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t (t-test). Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikan lebih besar dari 0,05 dan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 yang berarti ≤ 0,05. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif berdampak pada minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jimbaran Kulon.

Keywords


media interaktif; animasi; minat belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of EST, 2(3), 81–90.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development of Video-Based Interactive Learning Multimedia to Increase Learning Interest of Elementary School Students]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

Astri, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di kelas IV UPDT SDN 12 Tanah Tinggi. Jurnal Handayani, 12(2), 17–25. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/34178%0Ahttps://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/download/34178/18157

Danilo Gomes de Arruda. (2021). PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI MINASA UPA.

Edy, A. N., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN 1 JATIMULYO PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN 1 JATIMULYO.

Farida, H. (2014). Pengaruh Media Interaktifanimasi Terhadapminat Belajar Pada Mata Pejaran Ipa Siswa Kelasiv Sdit Mta Matesih Tahun Ajaran 2013/2014.

Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.587

Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091

LR Nisa, & N. E. (2023). PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 08, 5463–5475.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., Pamungkas Alamsyah, T., & Guru Sekolah Dasar, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29261

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar [The Use of Video Learning Media on the Learning Outcomes of Elementary School Students]. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354.

Prianti, N. P. D., & Rezania, V. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran IPS Berbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Jenggot Krembung Sidoarjo. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.1-12

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rofisian, N. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik. 1, 19–25.

Rohman, M. A., Hasanah, F. N., & Untari, R. S. U. (2020). Development of Interactive Learning Videos to Increase Learning Motivation in Graphic Design Lessons in Vocational Schools. Proceedings of The ICECRS, 8, 1–7. https://doi.org/10.21070/icecrs2020485

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219

Widayanti, D., Mauludah, S., Rahayu, I. P., & Surur, A. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Mi Al-Hikmah Ketami Kota Kediri. XI(i), 160–168.

Wulandari, D.T., & Sayekti, I. C. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230


slot gacor slot