PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI BIOTEKNOLOGI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah serta hasil belajar kognitif melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada implementasi kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka berpedoman pada pembelajaran paradigma baru, peserta didik diberikan porsi yang lebih banyak untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Metode yang digunakan adalah pre experimental design jenis one group pre-test post test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dibuktikan dengan rata-rata indikator hasil kemampuan pemecahan berada pada kategori baik, indikator memahami masalah sebesar 90,62%, indicator merencanakan penyelesaian masalah sebesar 84,37%, indikator menggunakan strategi untuk mewujudkan perencanaan masalah sebesar 81,25%, dan indicator melakukan pengecekan kembali sebesar 84,37%. Model PBL juga terbukti mampu meningkatkan hasil belajar kognitif, dibuktikan hasil nilai N-Gain sebesar 0.7583 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, PBL dapat menjadi model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif pada implementasi kurikulum merdeka.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Alyana, J., Zubainur, C. M., Tanjung, S. D., & Suhartati. (2020). Kemampuan Siswa dalam Merencanakan Penyelesaian Masalah melalui Pendekatan Matematika Realistik yang Mengintegrasikan Nilai Islami. Jurnal Peluang, 8(1), 24–32. https://doi.org/10.24815/jp.v8i1.18778
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aspiandi, H., Zubaidah, R., & Nursangaji, A. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(11), 1–8.
Badrulaini. (2018). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 847–855.
Bariyyah, K. (2021). Problem solving skills: esssential skills challenges for the 21st century graduates. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 71. https://doi.org/10.29210/120212843
Budianti, D. A., Roshayanti, F., Hayat, M. S., & Syafiq, M. A. (2022). Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik MA Darul Muqorrobin pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(1), 2774–2156.
Dostál, J. (2015). Theory of Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2798–2805. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.970
Falentin, T. A., Restian, A., & Supradana, A. (2023). Arina Restian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 2677–2686.
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170
Gök, T., & Sýlay, I. (2010). The Effects of Problem Solving Strategies on Students’ Achievement, Attitude and Motivation. Latin-American Journal of Physics Education, 4, 7–21. http://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=3694877
Hake, R. R. 1998. Interactive Engagment vs Traditional Methods: A Six Tousandstudent Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Course. American Journal of Physics, 66(1): 1. Tersedia di http://web.mit.edu [diakses 10-02-2014].
Handayani, R., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. Journal on Education, 6(1), 518–525. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2965
Hidayat. (2020). Hubungan Antara Motivasi, Sikap, dan Cara Belajar Matematika Selama Pandemi dengan Hasil Belajar Siswa. Skripsi.
Ismet., Aisyah, N. Nawawi, E., Yusuf., Meilinda. (2020). Problem Solving Skill: What is the Difference between Practitioners and Experts?. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 513: 775-780.
Jauhari, A., & Suhaudi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Pemecahan Masalah Secara Kelompok Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. In Pengaruh Pembelajaran Pemecahan Masalah Secara Kelompok Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah (Vol. 15, Issue 1, pp. 13–17).
Khotob, A. A. E., & Restian, A. (2023). Òïóóéêóëáñ Üëïîïíéþåóëáñ Ûëïìá Þåô × Åòç , 28 Æå × Òáìñ Îá × Ùðïìîåîéå Ïô × Ïäéìïóø 1 , 5 + 1 , 5 Þáóá. 08(1), 3336–3345.
Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 181–188.
Kraft, M. A. (2019). Teacher effects on complex cognitive skills and social-emotional competencies. Journal of Human Resources, 54(1), 1–36. https://doi.org/10.3368/JHR.54.1.0916.8265R3
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Menteri Pendidikan. Kebudayaan Riset dan Teknologi, Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 2022.
Minarti, ipah budi, Nurwahyunani, A., & Bashoriyah, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 388–393. https://edarxiv.org/a4wzv/
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220
Polya, G. (1973). How To Solve it : A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press.
Rahayu, O.-, Siburian, M. F., & Suryana, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di MTs. Asnawiyah Kab. Bogor. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(1), 15. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8080
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. JURNAL BASICEDU, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Rejeki, W. W. (2018). Upaya Penerapan Pembelajaran Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sma N 5 Metro. Dewantara, VI, 170–182.
Roshayanti, F., Ramayanti, R., Hayat, M. S., & Rakhmawati, R. (2022). A . Introduction B . Material and Method. 4(2), 174–180.
Shinta, T. N., & Qosyim, A. (2019). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Gerak Manusia Setelah Diterapkan Model Collaborative Learning. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 7(3), 333–337. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Shute, V. J., Wang, L., Greiff, S., Zhao, W., & Moore, G. (2016). Measuring problem solving skills via stealth assessment in an engaging video game. Computers in Human Behavior, 63, 106–117. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.047
Soim Daimah, U. (2023). SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. 04(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Steviani, D. S. (2020). Presentasi Interaktif dalam Pembelajaran Daring. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 1(1), 2746–7538. https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1
Siregar, E., Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Supiandi, M. I., Pendidikan, J., Persada, B.-S., Sintang, K., & Barat, K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.
Wahyuni, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 13404–13408. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.12696