ANALISIS MISKONSEPSI BERBANTUAN CRI (CERTAINTY OF INDEX) DALAM MODEL PEMBELAJARAN DIFFERENSIASI PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
Abstract
Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kesalahpahaman siswa dan menjelakan alasan mereka munculnya kesalahpahaman material tentang sistem pernapasan manusia. Penelitian ini termasuk ke dalam metode penelitian kuantitatif diikuti 21 peserta didik kelas VIII di salah satu sekolah di Kabupaten Sukabumi. Instrumen yang digunakan adalah two tier test disertai dengan CRI (Certainty of Index), respon siswa pada model pembelajaran differensiasi berbasis multiple intelligences. Hasil penelitian menunjukan siswa memiliki miskonsepsi terhadap materi sistem pernapasan yang terdiri dari stuktur organ serta fungsinya, mekanisme dan penyakit pernapasan pada manusia 36,90%, adapun ketika di kelompokan menjadi 3 kelompok menjukan peserta didik mendapatkan miskonsepsi pada anak kinestetik 37,50%, anak linguistik 37,50% dan anak visual 35,42%. Kesimpulan dari hasil pembahasan ini faktor yang menyebabkan miskonsepsi terjadinya kesalahpahaman adalah peserta didik beragumentasi dengan keyakinannya sendiri, dan metode pengajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Grospietsch, Finja, and Jürgen Mayer. 2018. “Professionalizing Pre-Service Biology Teachers’ Misconceptions about Learning and the Brain through Conceptual Change.” Education Sciences 8(3): 1–23.
Hakim, Aliefman, Liliasari Liliasari, and Asep Kadarohman. 2012. “Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI.” International Online Journal of Educational Sciences 4(3): 544–53.
Indriani, Dian Eka. 2021. “Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran Online Ilmu Pendidikan Sosial Di Satuan Pendidikan Tingkat Pertama.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan
Pengembangan 6(9): 1489.
Kasmanah, K. et al. 2019. “Succeed or Failed: Diagnostic of Student’s Ability to Passed Basic Learning Material on Liquid Pressure, Respiratory System and Its Application Based on Integrated Sciences Test in School.” Journal of Physics: Conference Series 1157(2).
Khaerudin, S A, D Nugraheni, and ... 2020. “Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Smp Pada Materi Pengukuran.” MIPA Kolaborasi: 242–45.
Lestari, Nanda Ayu, Nanik Wijayati, Sri Haryani, and Kasmui. 2020. “Menggunakan Two-Tie R Berbantuan Cri ( Certainty of Response Index ).” Chemistry in Education 9(2): 1–7.
Mahmudatun Nisa, Umi. 2017. “Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat Pada Materi Zat Tunggal Dan Campuran Practical Methods to Improve Understanding and Learning Outcomes Grade V MI YPPI 1945 Babat on Single Substances and Mate.” Jurnal Biology Education 14(1): 62–68.
Myanda, Azkya Arsyi, M P Riezky, and Maridi Maridi. 2020. “Development of Two-Tier Multiple-Choice Test to Assess Students’ Conceptual Understanding on Respiratory System Material of 11th Grade of Senior High School.” International Journal of Science and Applied Science: Conference Series 4(1): 44.
Patil, Swati J, Rajendra L Chavan, and Vidyanand Sambhaji Khandagale. 2019. “Identification of Misconceptions in Science: Tools , Techniques & Skills for Teachers.” Aarhat Multidisciplinary International Education Research
Journal (AMIERJ) 8(2): 466–72.
Rigianti, Henry Aditia. 2023. “Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran
) Volume 7 Nomor 2 March 2023 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN
Online : 2614 - 1337
Ritonga, Nurhakima, Halimah Sakdiah Boru Gultom, and Novi Fitriandika Sari. 2018. “Miskonsepsi Siswa Biologi Tentang Materi Sistem Respirasi Pada Sma Negeri Se- Kabupaten Labuhanbatu.” Jurnal Pelita Pendidikan 6(1): 42–46.
Rosidah, 2009. “Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Media Pembelajaran Visual 121.” 2.
Suarez, Luz Yolanda Toro. 2015. "No Covariance Structure Analysis on Health-Related Indicators in the Elderly at Home Focusing on Subjective Health PerceptionsTitle."
(1): 1-27. (1): 1–27.
Suryawirawati, Ramdhan and juhanda, 2018. 2018. “Pada Konsep Pemanasan Global Dengan Tes Diagnostik ( Two- Tier Test ) Setelah Pembelajaran.” 1(1): 93–105.
Tomlinson, Carol Ann. 2011. Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. h
Ulfa, Maria, and Nur Kuswanti. 2020. “Development of Assessment Instrument Based on Higher Order Thinking Skills of Respiratory System of Grade XI of Senior High School.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10(1): 1–11.
Yulianti, Ni Kadek. 2020. "Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Sistem Penapasan Manusia” Suparyanto dan Rosad (2015 5(3):
–53.