PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TEMA PEMANFAATAN GELOMBANG DALAM KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan efisiensi e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing tema pemanfaatan gelombang dalam kehidupan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan (Research and Development) dengan model penelitian berdasarkan prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono yang dimodifikasi berdasarkan kebutuhan peneliti yang dibatasi hanya pada tahap uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan lembar angket ahli untuk uji kevalidan dan lembar angket respon siswa untuk mengukur tingkat efisiensi produk. Data analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan tingkat kevalidan secara keseluruhan hasil rata-rata sebesar 88,3% dengan kategori ”Sangat Valid” hal tersebut berdasarkan validasi ahli materi yang mendapatkan persentase nilai sebesar 89,3% dengan kategori “sangat valid”, validasi ahli media mendapatkan persentase nilai sebesar 86,3% dengan kategori “sangat valid” dan validasi guru IPA mendapatkan persentase nilai sebesar 89,3% pada kategori “sangat valid”. Hasil tingkat efisiensi produk e-LKPD mendapatkan persentase nilai sebesar 85,7% dengan kategori “Sangat Efisien’.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustini. (2020). Problematika Guru IPA Terpadu Kelas VII SMPN 9 Mataram. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran, 1(1), 54–60.
Febriani, M. (2015). Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Abstrak. 4(1), 1–6.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https:// doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Hikmah, K., & Astuti, R. (2018). Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Ta’lim Al-Lughoh Al-Arobiyah Dan Al-‘Ashri : Kajian Isi, Penyajian Dan Bahasa. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(1), 12–29. https://doi.org/10.21070/halaqa. v1i1.1608
Khanasta, Ita, Iriwi LS Sinon, and Sri Wahyu Widyaningsih. "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Yapis Manokwari." Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan 14.3 (2016).
Melina, I., Fitriyah, N., & Ghofur, M. A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. 3(5), 1957–1970.
Nia, Leksono, MS & Nestiadi, A 2022, ‘Pengembangan E-modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP’, Journal of Science Education, Vol. 6, No. 2, Hal. 415-421.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https:// doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Puspitasari. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul. 7(1), 17–25.
Purnanto. WA & Mustadi, A 2016, ‘Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Tema 1 Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013’, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, Hal. 102-111.
Putria, A. N., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Siswa Dilengkapi Simulasi Phet Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Sma. VIII, SNF2019-PE-135–142. https://doi. org/10.21009/03.snf2019.01.pe.17
Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidika, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, Dan Bisnis. Bandung : Alfabeta
Rochman, A. K., & Yuliani. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Inkuiri pada Submateri Fotosintesis untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 663–673.
Setiabudi, AA, Octaria, D & Fuadiah, FN 2022, ‘Desain E-modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Program Linear untuk Siswa Kelas XI SMA’, Mathema Journal, Vol. 4, No. 1, Hal. 27-38.
Subekti, Marfilinda, and Suparman Suparman. "Analisis kebutuhan E-LKPD untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran discovery learning." Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics 1.1 (2020).
Sugiyono 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung
Suryani, L, Hodijah, N, & Taufik, N, A 2022, ‘Pengembangan E-modul IPA Berbasiis Science Prosess Skills dengan Tema Transportasi si-Hijau untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII’, Journal of science Education, Vol. 6, No.2, hal. 322-330
Susilowati, W., Harsan, T., dan Hadiprasetyo, K. 2021. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Power Point Interaktif. Jurnal DIKDAS BANTARA. Vol. 4. No. 2. Hlm 140.
Widiyanti, T., & Fitrotun Nisa, A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1269–1283. https://doi.org/10.30738/ trihayu.v8i1.11136
Winatha, R, K, Suharsono, N & Agustini, K 2018, ‘Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 15, No. 2, Hal. 188-199.
Wulandari, F. 2016. Strategi Scaffolding Dalam Memperbaiki Kemampuan 42 Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal penelitian dan penialaian pendidikan. Vol. 1. No. 1. Hlm 77.