ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET DI SMP NEGERI 39 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai keaktifan peserta didik dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu discovery learning dengan bantuan media liveworksheet, penilaian tersebut akan didasarkan atas hasil observasi keaktifan peserta didik selama pembelajaran. Keaktifan peserta didik akan meliputi lima aspek diantaranya adalah antusias dalam belajar, interaksi peserta didik dengan guru, keaktifan dalam kelompok, mengemukakan pendapat/ide, partisipasi menyimpulkan pembahasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre- Experimental Design dengan rancangan One-Shot Case Study Design. Subjek penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling yaitu peserta didik kelas VIII-F SMPN 39 Surabaya. Teknik analisis data untuk mengetahui keaktifan belajar akan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan perhitungan presentase untuk peningkatanya. Hasil dari penelitian menunjukkan untuk pertemuan pertama menunjukkan presentae 59% “Sedang”, kemudian pertemuan kedua 69% “Tinggi” dan pertemuan ketiga 71% ”Tinggi”. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa keaktifan peserta didik pada penerapan model pembalajaran discovery learning berbantuan liveworksheet telah menunjukkan peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i 2.318.000-000
Febriyana, M., & Winarti. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal EduTech, 7(2), 231–235.
Fraenkel, Jack R., Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. In McGraw-Hill Higher Education (Issue 0).
Janah, M., & Dimas, A. (2021). Kesulitan Guru SMP Dalam
Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 420–426. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.295
Nur, N., Kulsum, S., Surahman, E., Ali, M., & Siliwangi, U. (2020). Implementasi Model Discovery Learning terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Konsep Pencemaran Lingkungan. 15(2).
Nurlina, Nurfadilah, & Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitivistik,. In Program Magister Pasca Sarjana (Pps) Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau Pekanbaru (Issue April).
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/ article/view/991
Salasih, S. M. (2013). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V Sd Negeri Sangon Kokap Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta, 123(10), 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspu i/handle/10603/7385
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D, ISBN: 979-8433-64-10. In Alfabeta (Issue 465).
Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih, S. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 486. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.26 874
Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 94–100. https://doi.org/10.21009/bahtera.211. 07
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.1 0621