IMPLEMENTASI PROJECT BASE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII

Desy Ria Pratama
Wachidatul Linda Yuhanna
R. Bekti Kiswardianta


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4337

Abstract


Pembelajaran IPA di kelas 7F SMP N 1 Nawangan belum optimal karena pembelajaran masih berorientasi pada guru. Hasil observasi menunjukkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran Project Base Learning dan pendekatan Teaching at The Right Level. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Nawangan, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Sumber data adalah peserta didik di kelas 7F SMP N 1 Nawangan sebanyak 20 peserta didik. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian tindakan kelas ini adalah keaktifan peserta didik dengan kategori tinggi pada siklus I sebesar 65% meningkat pada siklus II menjadi 80%, sedangkan hasil belajar kognitif peserta didik yang tuntas pada siklus I sebesar 70% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Berdasarkan data tersebut maka  implementasi model pembelajaran Project Base Learning dengan pendekatan Teaching at The Right Level dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas 7F SMP N 1 Nawangan.

 


Keywords


project base learning; teaching at the right level; keaktifan; hasil belajar kognitif

Article Metrics :

References


Ahyar, Nurhidayah, &Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Volume 5, Nomor 11, November 2022

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Anggraini, P.D. & Wulandari S.S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 9, Nomor 2, 2021

Cahyono, S.D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TaRL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Nabati di Kelas X.MIA.3 MAN 2 Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 12407-12418

Fauziah, C., Taufiqulloh, & Sudibyo, H. (2017). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. Pancasakti Science Education Journal PSEJ Volume 2 Nomor 2, Oktober 2017, (Hal. 38-48)

Kristanti, Y.D, Subiki, & Handayani, R.D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA.Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 2, September 2016, hal 122 – 128

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 4, No. 1, Juni 2022, Hal. 165 - 179

Nufitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160, 2016

Parmin & Sudarmin. (2013). Strategi Belajar Mengajar IPA. Semarang: CV. Swadaya Manunggal.

Pratama, D.R., Widiyatmoko, A., &Wusqo, I.U. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berpendekatan SETS Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Peserta Didik Kelas VII SMP. Unnes Science Educatiom Journal 5(3)(2016)

Pratiwi, C.D., Kristin, F. &Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Mind Map Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Guru Kita (JGK). Vol 2 (3) Juni 2018, hlm. 116-125

Puspitasari, L, dkk, (2020). Penerapan Project Based Learning (Pjbl) Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Pada Konsep Momentum, Impuls, Dan Tumbukan. Physics Education Research Journal, ISSN: 2685-6190 Vol. 2 No. 2, hal: 69 – 82

Retno, R. S., & Yuhanna, W. L. (2016). Pembelajaran Konsep Dasar IPA Dengan Scientific Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Bekerja dan Bersikap Ilmiah pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Vol. 2 No 1, 1-9.

Retno, R.S. & Yuhanna, W. L. (2018). Implementasi green living berbasis scientific inquiry pada pembelajaran IPA terhadap kinerja ilmiah mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Volume 8(1) 31 – 40 Juni 2018

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar DI SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2, Mei 2016

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I.K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2017 Halaman: 448—453