KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL MELALUI FLIPBOOK MENGGUNAKAN RESOURCE BASED LEARNING BERBASIS GENDER PADA SISTEM EKSKRESI

Siti Paujiah
Aa Juhanda
Gina Nuranti


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4331

Abstract


Studi ini merupakan studi percontohan untuk tahun pelajaran 2022-2023 di Smp Negeri 1 Sukabumi, dengan tujuan untuk menilai kemampuan literasi digital siswa kelas delapan melalui flipbook yang dibuat menggunakan kerangka Resource Based Learning. Dalam penelitian ini adalah penggunaan flipbook dan  Resource Based Learning untuk mengajarkan konsep-konsep ilmiah yang berkaitan dengan sistem ekskresi kepada sampel 21 siswa (12 perempuan dan 9 laki-laki). Siswa laki laki mendapat nilai lebih tinggi daripada siswa perempuan pada semua indikator literasi digital, dengan 88,3% siswa perempuan mendapat nilai dalam kategori sangat baik untuk pencarian internet dan 92% siswa laki-laki mendapat nilai dalam kategori sangat baik untuk navigasi hypertextual. Siswa laki-laki dan perempuan berprestasi sangat baik pada penilaian konten indikatori 3, dengan yang perempuan mencapai 87% dan yang laki-laki  97%. Terakhir, dalam hal mensintesis materi yang dipelajari, baik siswa laki-laki maupun perempuan dengan nilai 75% . Jadi dapat disimpulkan siswa perempuan maupun siswa laki-laki terbantu oleh model Resource Based Learning dalam pembelajaran IPA siswa sangat diuntungkan dengan pendekatan Resource Based Learning saat mempelajari topik sistem ekskresi dengan menggunakan flipbook.


Keywords


flipbook; literasi digital; resource based learning; sistem ekskresi

Article Metrics :

References


Chodijah, M, Suhendar, & Setiono. (2022). Hubungan Literasi Digital Dengan Kemampuan Kognitif Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Gender. 08, 173–182.

Hidayanti, N, Juhanda,A, & Nuranti,G. (2022). Pengaruh Model Argument Driven Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP Pada Materi Sistem Ekskresi. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, x, 1–16.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring. 4(2), 231–240.

Marlina, E., & Andriani, R. (2021). Penggunaan Media Digital Berbantuan Flipbook Dalam Pembelajaran Daring. Universitas Bale Bandung, 1–6.

Masropah, S, Juhanda, A, & Ramdan. B. (2022). Analisis Keterampilan Literasi Digital Siswa SMA melalui Penggunaan Google Lens pada Konsep Tumbuhan Berbasis Gender 08, 115–124.

Muyasaroh, (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Pembelajaran Biologi di MAN Grobogan Masa Pandemi Covid 19 Analysis Of Digital Literacy Skills in Biology Learning for Islamic Senior High School in Grobogan The Covid 19 Pandemi. 102–111. https://doi.org/10.32528/bioma.v6i2.5880

Nur Khoiri, Wasito Rejo, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Kit Ggl Induksi Menumbuhkan Kemampu an Berpikir Kritis Siswa. 5(2), 1–4.

Machfiroh, N., Mustaji, & Hermanto. (2020). Pengembangan Perangkat Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education And Devloment, 623–629.

Nasution, S. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: Bumi AksarOECD. (2018). The future of education and skills Education 2030. 7–114.

Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 57–69.https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786

Sari. (2019). Kemampuan Literasi Digital Kalangan Siswa SMP Dan Sma Di Daerah Pedesaan Kabupaten Blitar. universitas airlangga, 1–14.

Setiawan R, K. E. (2020). Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid.4,1-13

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Wicaksono,y,a, Kuswanti,N (2022). Pengembangan Flipbook Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Melatih Keterampilan Literasi Digital Siswa XI SMA. 11(2), 1–15.

Zahroh, F. (2021). Efektifitas Literasi Digital Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. universita(September), 1–7.