REKONSTRUKSI DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM BIOLOGI SMA PADA MATERI KAPASITAS PARU-PARU

Johan Susanto Jayah
Bambang Supriatno


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4309

Abstract


Praktikum merupakan komponen penting dalam pembelajaran sains. Secara umum praktikum digunakan untuk mengembangkan aspek prosedural, konseptual, dan afektif pada siswa. Namun, praktikum biologi saat ini menghadapi tantangan seperti kurang relevannya Desain Kegiatan Laboratorium atau DKL. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya menunjukkan hanya 24% dari DKL yang berhasil dilaksanakan sesuai prosedur dan berhasil secara menyeluruh dalam analisis data dan penarikan kesimpulan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi DKL pada materi kapasitas paru-paru. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan menggunakan langkah pengembangan praktikum ANCOR (Analisis, Uji Coba, dan Rekonstruksi). Hasil analisis DKL menunjukkan kekurangan pada aspek judul, tujuan, prosedur, pertanyaan fokus, objek/kejadian, teori-prinsip, catatan data, dan klaim pengetahuan. Uji coba DKL menunjukkan kekurangan pada alat dan bahan, prosedur, serta kurangnya panduan transformasi pengetahuan. DKL direkonstruksi dengan memperbaiki kekurangan dari hasil analisis dan uji coba. Hasil perbaikan menunjukkan aspek-aspek yang kurang sudah dilengkapi, serta DKL lebih dapat mentransformasikan pengetahuan faktual ke konseptual dan prosedural karena melibatkan eksperimen dan literasi kuantitatif. 


Keywords


praktikum biologi; Desain Kegiatan Laboratorium (DKL); analisis; uji coba; rekonstruksi

Article Metrics :

References


Abrahams, I., & Saglam, M. (2010). A study of teachers’ views on practical work in secondary schools in England and wales. International Journal of Science Education, 32(6), 753–768. https://doi.org/10.1080/09500690902777410

Bavdekar, S. B. (2016). Formulating the right title for a research article. Journal of Association of Physicians of India, 64(FEBRUARY), 53–56.

Campbell, N. A., Urry, L. A., Cain, M. L., Minorsky, P. V., Wasserman, S. A., & Orr, R. B. (2020). 12th. Campbell Biology. In Biology.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design and Evaluate Research In Education (Michael Ry). The McGrawHill Companies.

Millar, R. (2004). The role of practical work in the teaching and learning of science. October.

Novak, J., & Gowin, D. (1985). Learning How to Learn. Cambridge: Cambridge University Press.

Putri, W. A., Astalini, A., & Darmaji, D. (2022). Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3361–3368. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2638

Supriatno, B. (2009). Uji Langkah Kerja Laboratorium Sekolah. Proseding Seminar Nasional Biologi: Inovasi dan Pendidikan Biologi dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, 255-261.

Supriatno, B. (2013). Pengembangan program pengembangan praktikum biologi sekolah berbasis ANCORB untuk mengembangkan kemampuan dan mengembangkan desain kegiatan laboratorium(Disertasi Doktor). Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryaningsih. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 1–23.