PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Abstract
Masih rendahnya tingkat literasi sains siswa yang disebabkan kebiasaan pembelajaran IPA yang masih bersifat konvensional membuat pentingnya kehadiran sebuah media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Powtoon materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, dengan lima tahapan, yaitu analysis, design, depelopment, implementation, dan evaluation. Teknk pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan materi, instrumen tes, dan angket respon. Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V, persentase sebagai perhitungan skor respon siswa, serta skor N-gain sebagai perhitungan keefektifan media. Hasil penelitian ini diperoleh validitas dari para ahli media sebesar 0,72 dengan kategori valid serta memperoleh skor validitas dari para ahli materi sebesar 0,69 dengan kategori valid. Aspek kepraktisan mendapat skor 86% dengan kategori sangat praktis, serta aspek keefektifan mendapat skor 0,68 termasuk kedalam kategori sedang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aida, L. N., Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50.
Apriliani, M., Maksum, A., Wardhani, P., Yuniar, S., & Setyowati. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 129-145.
Arif, S., & Muthoharoh, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(1), 112-124.
Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 122-127.
Davidson, C. N, & Goldberg, D. T. (2010). The future of thinking: Learning institutions in a digital age. Cambridge, Massachusetts London. England: The MIT Press.
Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoondalam Materi Membaca Dongeng di Kelas IIISDN Cijeruk Kabupaten Serang. Innovative : Jurnal of Social Science Research, 2(1), 447-461.
Farida, c., Destiniar, & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-66.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D, American Education.
Hamidaturrohmah, Zumala, F., Hasanah, U., & Suroyya, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Media Powtoon. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 122-131.
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5-9.
Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi. (2019). Analisis profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTs di Kabupaten Pati. jurnal Phenomenon, 9(1), 36-47.
Munjariyati, F. S., Haryadi, & Pristiwati, R. (2022). Implementasi Media Audiovisual Powtoon dalam Pembelajaran Puisi Secara Daring Kelas X Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 2 Cikarang Selatan. Jurnal Sastra, 11(1), 144-156.
Nurdiansyah , E., Faisal, E. E., & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1-8.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19-35.
Putri, Q., Pratjojo, & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Upuntuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 169-175.
Qurrotaini, L., Sari, T., Sundi, V., & Nurmalia, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-7.
Ramdhani, E., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. (2020). efektivitas modul elektronik yang diintegrasikan oleh beberapa representasi pada ikatan kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162-167.
Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sari, H., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan, 2(7), 1008—1016.
Suharsimi, A. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.