ANALISIS DAN REKONSTRUKSI DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM (DKL) PADA MATERI PROTISTA KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) pada materi Protista yang digunakan dalam pembelajaran biologi kelas X SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sampel DKL diambil dari beberapa buku paket pembelajaran dan buku paket praktikum dengan jumlah 3 DKL menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen analisis yang didasarkan pada modifikasi diagram vee Novak & Gowin (1984). Hasil analisis DKL materi protista menunjukkan bahwa: 1) DKL yang ada belum sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013, 2) aspek kompetensi yang tergambar dalam DKL belum mencakup proses hands on dan minds on yang seharusnya dilakukan oleh siswa pada saat praktikum. Selain itu, analisis aspek konstruksi pengetahuan berdasarkan instrumen diagram vee menunjukkan bahwa beberapa item seperti pertanyaan fokus, objek/peristiwa, teori/prinsip/konsep, perekaman dan transformasi data, serta perolehan pengetahuan masih belum mencapai skor tertinggi. Oleh karena itu, DKL yang ada perlu direkonstruksi agar dapat mencapai skor maksimal sehingga siswa dapat mengembangkan pengetahuan melalui praktikum.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustina Lubis, F., Azizah Lubis, J., Lubis, M. (2017). “Pepradase” Pelatihan Praktikum Biologi Dengan Alat Dan Bahan Sederhana. Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan.
Ardiansyah, B., Sarjan, M., & Hakim, A. (2022). Science Practicum and Mini Edupark School (MES) As Alternatives To Improve Environmental Care Attitude In Philosophy Perspective. JUSTEK : Jurnal Sains dan Teknologi. 5(2), 117–124. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Ekselsa, R. A., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Rekonstruksi dan Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Plantae Submateri Spermatophyta dengan Pendekatan Keterampilan Proses. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,Vol. (6)4, 507-518. https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Rustaman, A., & Wulan, A. R. (2021). Kegiatan laboratorium dalam pembelajaran biologi. Jakarta: Universitas Terbuka. Google Scholar
Daenuri, E. (2014). Pelatihan Pembuatan Alat-Alat Praktikum IPA Fisika bagi Guru IPA SMP/MTs Swasta Se-Kecamatan Winong Kab Pati. Jurnal Walisongo, (Vol. 14, Issue 1).
Darmayanti, et al. (2020). Buku Panduan Praktikum IPA Terpadu Berpendekatan Saintifik dengan Berorientasi pada Lingkungan Sekitar (Untuk SMP/MTs). Bandung : Nilacakra
Laelasari, I., & Supriatno, B. (2018). Analisis komponen penyusun desain kegiatan laboratorium bioteknologi. JURNAL BIOEDUKATIKA, 6(2), 84. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i2.10592
Novak, J., Gowin, D. (1984). Learning How to Learn. Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139173469
Rustaman, A., & Wulan, A. R. (2007). Kegiatan laboratorium dalam pembelajaran biologi. Jakarta: Universitas Terbuka. Google Scholar
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Supriatno, B. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biologi Education Conference 15, 1–1.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Journal Bio Education. 2(2), 49–57.
Wahidah, N.S, Suptriatno, B, Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. 7260(2), 70–76.