ANALISIS KUALITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DIAGRAM VEE PADA PRAKTIKUM SMA MATERI PLASMOLISIS
Abstract
Kegiatan praktikum yang akan dilakukan seringkali menjadi tidak bermakna dan sebagian siswa hanya terpaksa melakukan karena sekedar menyelesaikan kewajiban saja, selain itu, Lembar Kerja Praktikum (LKP) yang digunakan hanya membimbing siswa untuk memperoleh verifikasi atau hanya memperkuat pengetahuan siswa saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas LKP pada pengamatan plasmolisis pada sel tumbuhan dengan menggunakan diagram vee. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini meliputi 3 LKP yang digunakan oleh sekolah yang berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen kesesuaian LKP dan instrumen diagram Vee yang berupa tabel. Berdasarkan hasil uji coba dan analisis data menggunakan diagram Vee diketahui bahwa LKP Biologi pada materi plasmolisis sudah memiliki komponen diagram Vee. Akan tetapi, masih ditemukan beberapa permasalahan yaitu masih ada LKP yang belum memiliki semua komponen diagram Vee serta skor kualitas LKP belum maksimal. Ketidaklengkapan dari komponen diagram Vee pada suatu LKP maka dapat mengganggu pembentukan dari pengetahuan baru bagi siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aisya, S. M., Nura, Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Model Pembelajaran Inquiry Lab dan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology, 13(1), 112–117. https://jur nal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5670
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Darmawati, W. T., Supriatno, B., & Anggraini, S. (2021). EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains ANALISIS DAN REKONSTRUKSI DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM (DKL) MATERI SPERMATOPHYTA MELALUI PETUNJUK PRAKTIKUM. 6(1), 163–174. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains
Huzaifah, S., Madang, K., & Zen, D. (2017). Penerapan Diagram Vee Untuk Meningkatkan Hasil Belajar MahasiswaProgram Studi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 610–620.
Kurniawati, Y. (2018). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 1(2), 146. https://doi.org/ 10.24014/ konfigurasi.v1i2.4537
Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning how to learn. cambridge University press.
Putri, A. F. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN BAGI SISWA KELAS X JASA BOGA SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. 1, 1–7.
Rahmatika F, S. A. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share Pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca Dan Arthropoda. Unnes Journal of Biology Education, 3(3), 330–3373. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Ramdhan, M., & others. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM press.
Safdar, M. (2013). Make the laboratory work meaningful through Concept maps and V Diagram. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(2), 55–60. https://doi.org/10.9790/7388-0325560
Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https: //doi.org/10.25273/florea.v2i1.403
Supriatno, B. (2013). Pengembangan program perkuliahan pengembangan praktikum biologi sekolah berbasis ANCORB untuk mengembangkan kemampuan merancang dan mengembangkan desain kegiatan laboratorium. Universitas Pendidikan Indonesia.
Supriatno, B. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 1–18.
Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050
Zulaiha, H., & Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains Di Sma. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 87–93. http://ejournal.unsri. ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/2228