INTEGRASI PENDEKATAN STEM DAN TRI N PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Al'amin Wachid
Reni Ulviyani
Ana Fitrotun Nisa


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4219

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk  mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA dengan integrasi pendekatan STEM dan Tri N (niteni, nirokke, nambahi). Penelitian  tindakan kelas ini menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes.  Teknik  analisis  data  yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa integrasi pendekatan STEM dan Tri N pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas VI SDN Kradenan dari kondisi awal dengan skor 1,9 menjadi 2,3 pada siklus I dan 3,4 pada siklus II.


Keywords


integrasi STEM dan Tri N; pembelajaran IPA; keterampilan berpikir kritis

Article Metrics :

References


Arianti, (2017). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika Jurnal Pendidikan, 11 (1), 41-62. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/161/90

Ermawati & Rochmiyati, S. (2020). Implementasi Tri-N (niteni-nirokke-nambahi) dan PPK (penguatan Pendidikan Karakter) pada Perangkat Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 8-13. https:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/35756/16070

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53-62. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Mukarromah, L., Mustadi, A., Nisa, A. F. 2022). Study of STEM Based on Local Wisdom in Hoening Science Process Skills in the 21st Century Era . Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1171–1175. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1445

Mu’minah, I. H. & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 65-73. https://media.neliti.com/media/publications/377702-implementasi-steam-science-technology-en-fd9b7a7c.pdf.

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/ elmidad.v11i2.1897

Nisa, A. F., Oktarina, E., Saputra, W. D., Qomah, I., Fajarudin, M., Eko., Suharyanto, A. M., Santoso, A., Kholisoh, S. (2022). Inovasi Pembelajaran IPA SD Terintegrasi Ajaran Tamansiswa. Yogyakarta: Nuta Media.

Pardimin., Nisa, A. F., Hikmah, N. (2022). Inovasi desain pembelajaran berbasis tri-n terintegrasi dengan STEAM dan design thinking dalam mengembangkan keterampilan abad 21 Siswa SD. Yogyakarta: UNY Press.

Pardimin,. Nisa, A. F., Hikmah, N. (2022). Need Analysis of Learning Tool Development in Developing 21st Century Skills of Elementary School Students. PGSD UST International Conference on Education, 3(1), 58–62. https:// doi.org/10.30738/icepgsd.v3i1.586

Septina, R. (2018). Membangun Sumber Daya Manusia Berbasis Science dan Teknologi. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang 05 Mei 2018, 477-481. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1917/1730

Siregar, N., Risnita., Nisa, A. F., Putri, F. A. (2022). Tri Nga (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) Based Teaching Practice Asessment Model. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 8(4), 997-1003. DOI: https://doi.org/10.33394/ jk.v8i4.6243

Supriyoko., Nisa, A. F., Uktolseja, N. F. (2022). The Nature-Based School Curriculum: A Solution to learning teaching that promotes students’ freedom. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 41(3). 643-652. DOI: https://doi.org/ 10.21831/cp.v41i3.47903

Twiningsih, A., Retnawati, H., & Cahyandaru, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran IPApada siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6 (2), 59-69. https://jurnal.ustjogja.ac.id/ index.php/tamancendekia/article/view/13599/5563

Yuniharto, B. S., & Nisa, A. F. (2022). Implementasi model pembelajaran ajak temani mandiri untuk menanamkan profil pelajar Pancasila. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 65–71. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13733