PENERAPAN MEDIA SMART APPS CREATOR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aco, S. N., Rahman, S. R., & Firman, F. (2021). Using Inquiry-Based Learning to Strengthen Student Learning Outcomes. Journal of Research in Instructional, 1(1), 1-12.
Amini, M., Irawati, S., Karisna. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII B MTsN 02 Kepahing. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(1): 55-64.
Andikalan, T. H., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan Inkuiri Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Memanfaatkan Media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1).
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk Mengajarkan Global Warming. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 4, pp. 72-80.
Budiarti, T. A. (2019). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Multiple Representation Pada Materi Gelombang Mekanik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewanto, I. J., Hidayat, S., & Dodi, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Muara Pendidikan, 6.
Ferlianti, S., Rusdiana, D., Rahma S. I., & Nurbani, A. R. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif SAC pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 13–24.
Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Kompetensi Lulusan Sebagai Standar Mutu Pendidikan MTs Negeri di Kabupaten Tulungagung. Journal Pedagogia., 4(1). Hal. 16.
Ilahi, I., Rizal, F., & Dedy I. (2021). Kemandirian dan Motivasi Belajar dalam Menggunakan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 19(1).
Julianto, J. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal Unesa PGSD, 10.
Kurniawan, D., & Febriani, I. T. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran SAC Berbasis Android pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 04(2).
Kusuma, P. N. P. L., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 153–160.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mubaraq, S., & Prafitasari, A. N. (2022). Development of Digital Learning Resources Using Smart Apps Creator in Class VIII Science Subjects. Jurnal Pembelajaran Sains, 6.
Muzakkir, M. A., Pomalato, S. W. D., & Katili, M. R. (2022). Smartphone-Based Interactive Multimedia Development Using Smart Apps Creator for High School Mathematics Learning. Journal of Pedagogical Inventions and Practices, 11, 26-33.
Nurfarida, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 3 Puger. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Misyakat, 03(1).
OECD. (2018). PISA Results in Focus (Online). Diakses pada Tanggal 24 April 2023, dari www.oecd.org.
Pawani, L. T., Fibriasari, H., Ramadhani, R., & Sembiring, P. (2021). Developing Learning Media of Réception Orale Débutant using Smart Apps Creator Application. Atlantis Press: In 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL), pp. 821-829.
Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of Inquiry-Based Learning: Definitions and The Inquiry Cycle. Educational Research Review, 14, 47–61.
Pujiastuti, S. (2021). Penerapan Model STAD Berbantuan Media SAC untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik. Pemalang: SMA Negeri 3 Pemalang. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2).
Putra, R. S., Wijayati, N., F. & Widhi. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Syahdiani, S., Kardi, S., I G. Made S. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5.
Tafoya, E., Sunal, D. W., & Knecht, P. (1980). Assessing Inquiry potential: A Tool for Curriculum Decision Makers. School Science and Mathematics, 80(1).
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
UNESCO. (2015). Education For All (EFA) Global Monitoring Report (Online). Diakses pada Tanggal 24 April 2023, dari http://en.unesco.org/.
Utami, S., & Sundari, S. (2019). Inquiry-Based Learning for Improving Student Learning Outcomes: Literature Review. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(1), 49-62.
Wulansari, D. A., Herowati, H., & Hidayat, J. N. (2022). Multimedia Smart Apps Creator (SAC) Materi Pencemaran Lingkungan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 8(1), pp. 261-282.