PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PROTISTA DI SMA KRISTEN PAYETI
Abstract
Penelitian yang sudah dilakukan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran protista di SMA Kristen Payeti. Pada penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melalui prasiklus, siklus I dan siklus II melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk hasil subjek yang sudah diketahui oleh penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 25 orang. Dari hasil yang sudah didapatkan oleh penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Biologi di SMA Kristen Payeti. Pada peningkatan yang sudah dilihat pada prasiklus, siklus I, dan siklus II yang sudah dilaksanakan. Untuk hasil belajar siswa padah ranah kognitif prasiklus sebesar 20%, pada siklus I sebesar 52%, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 76%. Sedangkan pada penilaian afektif siklus I sebesar 78 dengan nilai kriteria cukup, dari total nilai rata-rata 39,00 dan mengalami peningkatan penilaian afektif siklus II sebesar 94 yang mencapai kriteria baik dari peningkatan total nilai rata-rata sebesar 47,00.
Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pada materi protista di SMA Kristen Payeti.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abdullah, 2017. Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Jurnal Edu Religia. Vol 01. No. 01
Ardiyanto, A., (2013). Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntasi Siswa di SMA Negeri 2 Karangayar Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan , UNS. tp//jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/aricle/view/2181/1582
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377
Adinugraha, F. (2017). Media Pembelajaran Biologi Berbasis. (Jurnal Pendidikan Biologi)7(3), 219–233.
Asep, J. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jogjakarta : Multi Presindo.
Bahi, A. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan pada Siswa Kelas XI IPA SMAK ST. Darius Larantuka Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sanata Dharma: Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1–132.
Dwi Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Nteraktif. UNY Press Jl. Gejayan, Gg. Alamanda, Komplek Fakultas Teknik UNY Kampus.
Hasmita. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Teupah Selatan Simeulue. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 2021 M/1443 H.
Hasnul Fikri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. In News.Ge. Yogyakarta: Samudra Biru.
Hertiafi, N. A., Langlang, H., & Khanafinah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/download/1104/1015
Induf, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Kilmuri. 3(Urusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri (Iain) Ambon), 6.
Isjoni (2009). Pembelajaran Koopratif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik: Pustaka Pelajar. Jakarta
Jannah (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas XI IPA2 SMA Batik 2 Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Khumaidah. (2011). Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Dengan Media Ajar Jenis Leaflet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Pencernan Pada Manusia Pada Siswa Kelas Xi Sma Sultan Fatah Wedung Demak. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang
Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk Meningkatkan Mutu Dan Profesionalisme Guru. Konvesional Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) (Pp. 2 - 5). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Lie, A. (2006). Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang Ruang Kelas. Grasindo. Jakarta
Maridiana (2018), Penerapam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Min 3 Aceh Besar, Universitas Islam Negeri AR-RANIRY, Darussalam Banda Aaceh.
Mansur (2015), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Peraga Sistem AC Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang
Musanna, A. (2017). Indigeniasi Pendidikan: Rasionalitas Revialitasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2, No. 1 (2017): 123.
Muhanif, & Yunus. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Tpm Smk Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 6(02), 251555.
Sari, A. Ayu .(2017) . Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Kognitif Di Kelas IX SMP Negeri 2 Sampit. Universitas Muhammadiyah Malang
Septiani, E. T. (2016). Skripsi Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Siswa Kelas V Semester 1 SDN Cipagalo 01 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung). UNPAS
Simbolon. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Prakarya Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 40–50. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.634
Slamento. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta
Slavin, R. (2008). Cooprative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media
Sulastri., Y. & Rochintaniawati., (2009), Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pembelajaran Biologi Di SMPN 2 Cimalaka, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol.13.no1.April/ 2009
Sugioyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Syahrun. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf. Citapustaka Media.
Sulastri., Y. & Rochintaniawati., (2009), Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pembelajaran Biologi Di SMPN 2 Cimalaka, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol.13.no1.April/ 2009
Syamsiah (2016:6) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Pembelaajran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPS di SDN Inpres 1 Tanamodindi : Perpustakaan Universitas Tadulako Palu
Tigo, M. (2017). Pengaruh Model Picture and Picture Berbantuan Leaflet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(6), 215962.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, (6), 67-72
Wahyudin.(2015:48). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Universitas Singaperbangsa Karawang 48
Yeni (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 60-62.
Zuchri Abdussamad. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif. Media Press 2018.