PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan keefektifan materi pembelajaran animasi pada materi sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 5 Banjarmasin peredaran darah manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di kelas VIII F SMP Negeri 5 Banjarmasin dengan menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan dari pengembangan 4D, yaitu define, design, development, dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, hasil pretest, dan hasil posttest. Selanjutnya, data yang didapatkan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: (1) tingkat kevalidan materi media pembelajaran animasi sebesar 89,23% dengan demikian materi media pembelajaran termasuk kategori sangat layak, sedangkan kevalidan media pembelajaran diperoleh hasil sebesar 88,89% dan termasuk kategori sangat layak, sehingga tingkat kevalidan media tersebut sangat layak (2) tingkat keefektifan media pembelajaran animasi didapatkan dari hasil pretest yang semula mendapatkan hasil sebesar 30,71% kemudian meningkat pada hasil posttest sebesar 77,14%. Kesimpulannya media pembelajaran animasi valid dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Duan Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19-23.
Amirudin, Saputra, D. N., Ariningsih, K. A., Wau, M. P., Noviyani, R., Awe, E. Y., & Firdausiyah, L. (2021). Book Chapter Pengantar Pendidikan. Banyumas: CV. Pena Persada.
Arnold, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6(4), 145-150.
Deriyan, L. F., & Nurmairina. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 7(1), 1-10.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta : Samudra Biru.
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS, 1(3), 49-63.
Rachmawati, A. D., Baiduri, & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540-550.
Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Jurnal IKRAITH-TEKNOLOGI, 6(1), 62-68.
Tunde, G. A., Fihrin, & Kade, A. (2017). Penerapan Metode Edutainment Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada SIswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(1), 45-47.
Wardoyo, G. A., An'nur, S., & M., A. S. (2017). Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimedia Audio Visual pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 86-94.
Zaki, A., & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan , 7(2), 809-829.