PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA TEMA BERTAMASYA KE TATA SURYA UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855–866.
Akbar, S. (2013). Instrument Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdayaka.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.
Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233–242.
Buntaran, L. C. K. (2020). Analisis Penerapan Elemen Visual pada Komik Strip dari Komik Gono Gini mengenai Protokol Kesehatan. Tuturrupa, 3(1), 28–38.
Fatmawati, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan Berpikir Kritis pada Topik Objek IPA dan Pengamatannya. In M. F. Marsuki & D. Nugraheni (Eds.), Pembelajaran IPA Berbasis Kehidupan untuk Generasi Z di Era Disruptif (Issue October, pp. 165–169). Prodi Pendidikan IPA, FMIPA, Universitas Negeri Malang.
Martina, K., Tegeh, I. M., & Sukmana, I. W. llia Y. (2018). Pengembangan Media Strip Comic dengan Model Addie pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Sari Sekar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 245–255.
Megantari, K. A., Margunayasa, G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 139–149.
Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.
Priscylio, G., & Anwar, S. (2019). Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty untuk Proses Pembelajaran IPA di SMP. J. Pijar MIPA, 14(1), 1–12.
Rahmatullah, R., Inanna, I., Rakib, M., Mustari, M., & Rabania, R. (2020). Developing Tematic Economic Comic with Characters for Early Childhood. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6, 293–300.
Sudirman, & Huzairin. (2017). Sikap bahasa siswa SMP dan SMA terhadap pembelajaran bahasa Inggris di Kota Bandar Lampung. Aksara, 18(1), 44–54.
Syahreza, A. (2021). Membangun Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Aktif dan Penggunaan Komik Berbasis Discovery Learning. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(4), 276–279.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.
Thiagarajan, S. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In ERIC (Vol. 14, Issue 1).