VALIDITAS ASESMEN FORMATIF BERBASIS WIZER ME PADA TEMA REVOLUSI PANGAN DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV Pustaka Ilmu Group.
Anderson, L. W., Krathwohl Peter W Airasian, D. R., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). A Taxonomy for Learning,Teaching and Assessing A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectivies (A. E. Burvikovs (ed.)). Pearson Education. https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf
Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains Dalam Kurikulum Dan Pembelajaran Ipa Smp. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880
Arum, N.E., Sjaifuddin, S., & Taufik, A.N. (2022). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA 7(2), 270-279 http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.270-279
Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve students’ digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 442–450. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.13613
Cahyahatini, A. F., Sjaifuddin, S., & Taufik, A, N. (2023). Pengembangan instrumen tes berbasis kearifan lokal Kesenianku Rampak Bedug untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIII, Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 12(1), 207-213. https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122739
Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483
Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364–377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026
Hapsar, D. D., Lisdiana, L., & Sukaesih, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Modul Daur Ulang Limbah pada Literasi Sains. Journal of Biology Education, 5(3), 302–309. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Helendra, H., & Sari, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains Tentang Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29860
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Lestari, D., & Setyarsih, W. (2020). Kelayakan Instrumen Penilaian Formatif Berbasis Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 561–570. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p561-570
Retnawati, H. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. In UNY Press.
Septiani, A. D., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. Biodik, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 8(1), 167-174. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17305.
Setiawan, Riyan Dwi; Wailanduw, A. G. (2016). Pengembangan media macromedia captivate terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan alat- alat ukur multimeter Kelas X Di Smk Negeri 2 Lamongan. Jptm, 5(2), 6–13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/15/article/view/17351/15784
Sjaifuddin, S. (2021). Perilaku Ketahanan Pangan dan Kearifan Lokal: Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik, dalam Ibrohim et al (2021) Research-based Transdisciplinary Approaches, Indonesian Consortium for Learning Innovation Research, UM, 99-120
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. ALPABETA.
Taufik, A. N., Berlian, L., Fathia, A., & Rasyidin, E. Y. (2022). Pengembangan Instrument Tes Literasi Sains Pada Tema Yuk Makan Talas Beneng Untuk Calon Guru Ipa. Jurnal Aksioma, 11(2), 141–150. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A Sourcebook, Mc, 195.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. ttps://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Utami, T.P., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education 6(1), 128-134. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.128-134