PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan e-modul IPA berbasis model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi pesawat sederhana kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini Research and Development (RND) yaitu penelitian yang digunakan membuat produk tertentu. Model pada penelitian ini ialah model pengembangan Thiagajaran, sering dikenal sebagai model 4-D yang memiliki 4 tahap, yaitu : mendefinisikan (define), mendesain (desain), mengembangkan (develop), serta penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini yaitu 3 orang validator dengan rincian, ahli materi, ahli media, serta ahli bahasa. Uji coba terbatas yaitu memberikan penilaian terkait produk yang dikembangkan yaitu 2 guru IPA dan 15 siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jogorogo. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, angket, instrument penelitian berupa lembar wawancara serta lembar angket atau kuesioner. Hasil penelitian menyatakan e-modul dinyatakan sangat layak dengan hasil validasi ahli materi (88,75%), ahli media (82%), serta ahli Bahasa (80%). E-modul juga dinyatakan sangat praktis digunakan dari hasil penilaian 2 guru IPA sebesar 93% dan 15 siswa sebesar 95,53%. Berdasarkan hal tersebut, e-modul yang dikembangkan sangat layak dan praktis digunakan pada proses kegiatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Alfiyanti, I. F., & Jatmiko, B. (2020). Studies in Learning and Teaching Studies in Learning and Teaching The Effectiveness of Predict Observe Explain (POE) Model with PhET to Improve Critical Thinking Skills of Senior High School Students. 1(2), 76–85. https://doi.org/10.46627/silet
Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan Modul IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4934
Ayu, Y. P., & Lepiyanto, A. (2019). Pengembangan modul berbasis POE (predict observe explain) terintegrasi nilai keislaman materi jaringan tumbuhan. Jurnal Bioterdidik, 7(4), 53.
Candra, D., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhana. Variabel, 2(1), 31. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1030
Dewi, N. N. E., Santoso, H., & Lepiyanto, A. (2020). Pengembangan Modul Biologi Metode Poe (Predict, Observe, Explain) Disertai Nilai Karakter Materi Sistem Respirasi. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 211. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2898
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Jllurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/5176/4669
Harahap dan Fauzi, M. S. H. dan R. (2017). Jurnal Education and development STKIP PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB. 4(5), 2527–4295.
Hasanah, M., Supeno, & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA Universitas Jember mengutamakan peningkatan kekuatan otak kiri atau intelektualitas daripada otak kanan atau. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 44–58.
Iman, R., & Khaldun, I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 52–58. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Meo, F., & Mistianah, M. (2021). Pengembangan Flip-Modul Biologi pada Materi Ekosistem Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) untuk Siswa Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 125–132. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1469
Nikita, P. M., Leksmono, A. D., & Harijanto, A. (2018). Pengembangan e-modul materi fluida dinamis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sma kelas xi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 175.
Qomariah, Y. N., & Supardi, Z. A. I. (2021). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 49–56. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.49-56
Rahayu, W. & M. (2019). Pengembangan Media Permainan Truth Or Dare pada Materi Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Pendidikan Sains, 7, No. 2, 279–293.
Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
Sari, A. P., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Blended Learning Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1), 10. https://doi.org/10.32699/spektra.v8i1.228
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta, 117.
Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030
W.S. Sembiring, I.G.W. Sudatha, & A.H. Simamora. (2021). E-modul Ipa Untuk Memfasilitasi Siswa Menengah Atas Belajar Mandiri. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 26–39. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.635
Yulianto, E., A.Sopyan, & Yulianto, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kognitif Fisika SMP. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 3(3), 1–6.